PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN VISUAL-SPATIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-FATH DESA KEBOAN ANOM GEDANGAN SIDOARJO

AYU ANJANI, DEVI (2014) PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN VISUAL-SPATIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-FATH DESA KEBOAN ANOM GEDANGAN SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KP-140020_abstract.pdf

Download (17kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-10036.html

Abstract

Perkembangan kecerdasan visual-spatial anak usia 4-5 tahun salah satunya adalah anak dapat mengenal warna hingga 12 warna, kenyataannya anak usia 4-5 tahun masih ada yang belum dapat mengenal warna dengan benar. Didapatkan dari data awal yang menunjukkan bahwa perkembangan kecerdasan visual-spatial anak usia 4-5 tahun 35,4% anak belum tepat dalam penggunaan warna. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kecerdasan visual-spatial anak usia 4-5 tahun. Studi dilakukan di TK Al-Fath. Desain penelitian menggunakan metode dengan jenis rancangan preexperiment design yaitu the one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Al-Fath sebanyak 150 responden dengan sampel 30 responden dan mengunakan simple random sampling. Variable independent yaitu permainan puzzle dan variable dependent yaitu perkembangan kecerdasan visual- spatial anak. Pengumpulan data mengunakan lembar observasi kemudian di analisis menggunakan uji statistik uji t sampel berpasangan dengan tingkat kemaknaan  < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan sebesar (13,4%) kecerdasan visual-spatial sangat baik sesudah dilakukan intervensi dan (20%) kecerdasan visual-spatial baik sesudah dilakukan intervensi. Didapatkan  = 0.000 <  = 0.05 maka ditolak yang berarti ada pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kecerdasan visual-spatial anak usia 4-5 tahun di TK Al-Fath Desa Keboan Anom Gedangan Sidoarjo. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa permainan puzzle dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk mengasah kecerdasan visual- spatial anak. Disarankan agar puzzle dimanfaatkan dengan baik dan orang tua dapat menfasilitasi permainan edukatif untuk anak serta mendampingi mereka saat bemain.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: permainan puzzle, perkembangan kecerdasan visual-spatial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 17 Dec 2016 00:31
Last Modified: 17 Dec 2016 00:31
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item