PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK TK A ANTARA YANG MELALUI PLAYGROUP DENGAN YANG TIDAK DI TK KUNCUP HARAPAN DUSUN PUCUK DESA SRIRANDE DEKET LAMONGAN

AFRIANTY, IIS (2014) PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK TK A ANTARA YANG MELALUI PLAYGROUP DENGAN YANG TIDAK DI TK KUNCUP HARAPAN DUSUN PUCUK DESA SRIRANDE DEKET LAMONGAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KP-140003_abstract.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-9897.html

Abstract

Sekolah TK yang menggunakan kurikulum 2013 tentang pendidikan karakter pada usia dini terdapat nilai kemandirian anak, namun pada kenyataanya, banyak anak TK A yang dalam proses belajarnya masih perlu dibantu atau masih tergantung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat kemandirian anak TK A antara yang melalui playgroup dengan yang tidak playgroup di TK Kuncup Harapan Lamongan. Jenis penelitian ini adalah analitik komparasi. Populasi seluruh anak TK A sebesar 24 anak. Sampel diambil secara simple random sampling sebanyak 23 responden. Variabel independen adalah anak TK A yang melalui playgroup dengan yang tidak, variabel dependen tingkat kemandirian. Pengumpulan data dengan lembar ceklist dan dianalisis menggunakan uji t-test dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 Hasil penelitian menujukkan bahwa dari 23 responden, terdapat 13 responden yang tidak melalui playgroup hampir seluruhnya (84,6%) tidak mandiri, sedangkan dari 10 anak yang melalui playgroup hampir seluruhnya (80%) mandiri. Setelah dilakukan uji t-test dengan independent sample test dimana didapatkan bahwa signifikasi ρ = 0,001 dan α = 0,05 sehingga ρ < α yang berarti ditolak yaitu ada perbedaan tingkat kemandirian anak TK A antara yang melalui playgroup dengan yang tidak melalui playgroup. Simpulan penelitian ini adalah pengalaman belajar sebelumnya mempengaruhi tingkat kemandirian anak TK. Untuk itu diharapkan bagi orang tua yang memiliki anak usia dini lebih memperhatikan pendidikan anak. Karena pendidikan sebelumnya sangat penting untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: tingkat kemandirian, anak TK, playgroup
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 17 Dec 2016 00:35
Last Modified: 17 Dec 2016 00:35
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item View Item