Pengembangan Model Pembelajaran Klinik Experiential Terhadap Capaian Pembelajaran Pembelajaran Klinik Keperawatan Gawat Darurat Mahasiswa Ners

Setiawan, Arif Helmi and Yusuf, Ah. and Nihayati, Hanik Endang (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Klinik Experiential Terhadap Capaian Pembelajaran Pembelajaran Klinik Keperawatan Gawat Darurat Mahasiswa Ners. Jurnal Ilmiah Kesehatan (The Journal of Health Sciences), 10 (2). pp. 180-187. ISSN 1978-6743

[img]
Preview
PDF
Pengembangan Model Pembelajaran Klinik Experiential Terhadap Capaian Pembelajaran Pembelajaran Klinik Keperawatan Gawat Darurat Mahasiswa Ners.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://journal2.unusa.ac.id/index.php/JHS/article...

Abstract

Keperawatan gawat darurat merupakan bagian kompetensi pendidikan profesi yang bertujuan agar mahasiswa mampu berpikir kritis untuk mengatasi masalah keperawatan klien yang mengancam kehidupan. Metode pembelajaran yang digunakan pada tahap ini adalah pembelajaran klinik experiential. Namun kenyataannya mahasiswa mengalami hambatan dalam mencapai tujuan pembelajaran, sehingga berdampak pada rendahnya capaian pembelajaran klinik. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatif karena menjelaskan hubungan kausal antar variabel. Sampel penelitian adalah sebagian mahasiswa Ners Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Unusa yang memenuhi kriteria penelitian sebesar 72 mahasiswa dengan tehnik simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah karakteristik peserta didik, pengamatan, proses berpikir, perilaku belajar, Pembelajaran klinik experiential, dan capaian pembelajaran klinik keperawatan gawat darurat. Hasil uji PLS didapatkan semua indikator valid dan signifikan sedangkan variabel konstrak yang berpengaruh signifikan (T > 1,96) adalah variabel karakteristik peserta didik terhadap pengamatan, proses berpikir, dan pembelajaran klinik experiential, variabel pengamatan berpengaruh terhadap proses berpikir dan perilaku belajar, variabel proses berpikir berpengaruh terhadap perilaku belajar, variabel perilaku belajar berpengaruh terhadap pembelajaran klinik experiential, dan variabel pembelajaran klinik experiential berpengaruh terhadap capaian pembelajaran klinik keperawatan gawat darurat mahasiswa ners. Karakteristik peserta didik sebagai input sangat menentukan pada setiap tahapan pembelajaran klinik experiential, sehingga dengan karakteristik peserta didik yang baik akan mampu meningkatkan capaian pembelajaran klinik karena peserta didik mampu mengikuti proses pembelajaran klinik experiential. Hal ini sesuai dengan konsep sistem pendidikan, bahwa semua bagian komponen harus dilaksanakan dengan baik dan selaras dengan komponen lain, agar tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat dicapai secara optimal

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran klinik keperawatan, experiential, gawat darurat
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT120.E4 Emergency Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:39
Last Modified: 07 Jan 2021 04:39
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6357

Actions (login required)

View Item View Item