Pengembangan Bahan Ajar Keperawatan Dasar Berbasis E-learning

Fitriasari, Andikawati and Septianingrum, Yurike (2020) Pengembangan Bahan Ajar Keperawatan Dasar Berbasis E-learning. Jurnal Keperawatan, 12 (3). pp. 449-458. ISSN 2549-8118

[img]
Preview
PDF
Pengembangan Bahan Ajar Keperawatan Dasar Berbasis E-learning.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review yurike septianingrum.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin yurike septianingrum.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://www.journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Ke...

Abstract

Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 mengintegrasikan pembelajaran dengan memanfaatkan Internet Of Things. Pemanfaatan metode e - learning dalam pembelajaran keperawatan memiliki dampak positif dalam mendorong mahasiswa aktif, memiliki motivasi belajar, dan independensi belajar yang memadai. Pembelajaran e - lea rning menggunakan bahan ajar bersifat mandiri yang disimpan di komputer/tablet sehingga dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa kapan saja dan di mana saja. Tujuan penelitian ini adalah 1. Menghasilkan bahan ajar Keperawatan Dasar berbasis e - learning melalu i pemanfaatan e - sorogan , 2. Mendeskripsikan kualitas bahan ajar Keperawatan Dasar berbasis e - learning melalui pemanfaatan e - sorogan , 3. Mendeskripsikan efektifitas bahan ajar Keperawatan Dasar berbasis e - sorogan pada mahasiswa keperawatan Unusa. Penelitian ini adalah pengembangan . Instrumen yang digunakan adalah angket dan pedoman wawancara. Metode yang dipakai dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan yang diadopsi dari Dick & Carey, yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, tahap validasi dan uji coba. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil uji para ahli menyatakan buku ajar layak untuk di uji coba skala kecil dengan nilai 80. Uji coba skala kecil dilakukan pada 30 orang mahasiswa yang diambil secara acak dari total populasi 105 mahasiswa semester II tahun ajaran 2019/2020 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan bahan ajar berada pada kategori layak dengan predikat baik dengan nilai 85. Bahan ajar efektif untuk digunakan dalam pembelajaran keperawatan dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; e-learning; model penelitian pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:30
Last Modified: 05 Feb 2021 07:30
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6394

Actions (login required)

View Item View Item