Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Asuhan Keperawatan Keluarga

Hatmanti, Nety Mawarda and Septianingrum, Yurike (2020) Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Asuhan Keperawatan Keluarga. Jurnal Ilmiah Kesehatan (The Journal of Health Sciences), 13 (2). pp. 144-149. ISSN 1978-6743

[img]
Preview
PDF
Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Asuhan Keperawatan Keluarga.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review yurike septianingrum.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin yurike septianingrum.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://journal2.unusa.ac.id/index.php/JHS/article...

Abstract

Dunia pendidikan telah berkembang sebegitu pesatnya, sehingga diperlukan metode-metode yang baru untuk mendukung efektivitas pembelajaran di kelas seperti ide terkait model pendidikan baru dan cara-cara yang unik untuk tetap bisa berkomunikasi dengan mahasiswa, menginformasikan, berkolaborasi dan menilai proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan tanpa mengurangi esensi dari pendidikan tersebut. Tujuan dari penelitian ini menguji efektivitas metode flipped classroom terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi S1 Keperawatan UNUSA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen. Variabel bebas adalah Flipped Classroom dan variabel tergantung adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa yang berada di semester VI Tahun Ajaran 2017/2018 Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Kriteria inklusi pada penelitian ini adalah status mahasiswa aktif TA 2017/2018 Genap, sudah mengambil mata kuliah Keperawatan Keluarga di KRS (Kartu Rencana Studi). Menggunakan tehnik stratified simple random sampling didapatkan jumlah sampel = 111 mahasiswa. Hasil penelitian dengan menggunakan uji Paired t-test didapatkan hasil p value sebesar 0,000 dengan nilai tscore sebesar -7,502. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai pre-test dan nilai post-test setelah diberikan metode flipped classroom. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah setelah dilakukan metode pembelajaran Flipped Classroom pada mata ajar asuhan keperawatan keluarga terjadi kenaikan hasil belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Flipped classroom, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:33
Last Modified: 05 Feb 2021 07:33
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6395

Actions (login required)

View Item View Item