Stres Pembelajaran Online Berhubungan Dengan Strategi Koping Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19

Fitriasari, Andikawati and Septianingrum, Yurike and Budury, Syiddatul and Khamida, . (2020) Stres Pembelajaran Online Berhubungan Dengan Strategi Koping Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 12 (4). pp. 985-992. ISSN 2549-8118

[img]
Preview
PDF
Stres Pembelajaran Online Berhubungan Dengan Strategi Koping Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review yurike septianingrum.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin yurike septianingrum.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://www.journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Ke...

Abstract

Pandemi Covid - 19 mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online. Pembelajaran online adalah pemicu stres bagi siswa. Untuk mengatasi stres, ada dua jenis strategi koping yang efektif, yaitu coping yang berfokus pada masalah dan koping yang berfokus pada emosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat str es dengan strategi coping pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Pengukuran tingkat stre s menggunakan kuesioner perceived stress scale dan Coping Strategies Inventory untuk megukur strategi koping. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Sampel sebanyak 132 responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji statistik data penelitia n menggunakan Spearman Ranks Test. Hasil uji statistik menunjukkan p = 0,001 (p - value <0,05), artinya terdapat hubungan antara tingkat stres dengan strategi coping pada siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran online ; strategi koping; tingkat stres
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:38
Last Modified: 05 Feb 2021 07:38
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6396

Actions (login required)

View Item View Item