ANALISIS PENGGUNAAN MODEL SUPERVISI ARTISTIK DAN PENDEKATAN SUPERVISI YANG DIGUNAKAN KEPALA SEKOLAH SESUAI TINGKAT KUADRAN GURU DI SEKOLAH DASAR

Nafiah, . and Hartatik, Sri (2020) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL SUPERVISI ARTISTIK DAN PENDEKATAN SUPERVISI YANG DIGUNAKAN KEPALA SEKOLAH SESUAI TINGKAT KUADRAN GURU DI SEKOLAH DASAR. Education And Human Development Journal (EHDJ), 5 (2). pp. 80-90. ISSN 2541-0156

[img]
Preview
PDF
Analısıs Penggunaan Model Supervısı Artıstık dan Pendekatan Supervısı yang Dıgunakan Kepala Sekolah Sesuaı Tıngkat Kuad.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review nafiah.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review sri hartatik.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin nafiah.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin sri hartatik.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/articl...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis berapa frekuensi penggunaan model supervisi artistik oleh kepala sekolah dasar, dan untuk menganalisis pendekatan supervisi yang gunakan kepala sekolah sesuai tingkat kuadran guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yaitu menyajikan dalam bentuk tabel, bagan, grafik, nilai prosentase dan sebagainya. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan : 1 frekuensi penggunaan model supervisi artistik oleh kepala sekolah dasar 27,34% cukup sering dilakukan oleh kepala sekolah, 2,88% kadang sering dilakukan kepala sekolah, 7,91% sangat sering dilakukan, 57,55% sering dilakukan dan 4,32% tidak pernah dilakukan. kepala sekolah yang melakukan pendekatan supervisi artistik pada dasarnya mereka tidak menyadari jika model supervisi yang digunakan adalah pendekatan artistik. 2) pendekatan supervisi yang gunakan kepala sekolah sesuai tingkat kuadran guru adalah 20,86%, penggunaan pendekatan kolaboratif sebanyak 42,45% dan pendekatan nondirektif sebanyak 36,69%. Saran yang direkomendasikan pada artikel ini adalah bagi kepala sekolah diharapkan mengetahui tingkat kuadran guru sehingga bisa memilih pendekatan supervisi yang tepat untuk digunakan dan mengetahui langkah model supervisi artistik, peneliti diharapkan adanya penelitian lanjutan untuk membuat model supervisi artistik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik sesuai tingkat kuadran guru sekolah dasar. Bagi peneliti lain dapat dilakukan penelitian sejenis terkait dengan model supervisi artistik dan tingkat kuadran guru sekolah dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Artistik,Tingkat Kuadran, Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:28
Last Modified: 22 Jun 2022 03:32
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6488

Actions (login required)

View Item View Item