IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE DI SEKOLAH DASAR

DIOCOLANO, NORHANA GUIALANI and Nafiah, . (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 7 (1). pp. 38-45. ISSN 2527-3043

[img]
Preview
PDF
Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review nafiah.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin nafiah.pdf

Download (9MB) | Preview
Official URL: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum Cambridge, menganalisis faktor pendukung dan mendeskripsikan tahap-tahap kurikulum tersebut di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, Sampel penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan guru di SD Khadijah Surabaya. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian di simpulkan bahwa implementasi kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya meliputi tiga tahap yaitu a) perencanaan, b) pelaksanaan dan c) evaluasi. Dalam tahap perencanaan terlihat mulai dari persiapan framework Cambridge dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Kurikulum Cambridge dilaksanakan dengan baik dalam kegiatan pembelajaran yang di dukung dari media pembelajaran, textbook dan berjalan dengan active learning. Penerapan kurikulum ini melalui pembelajaran untuk pendukungnya dan ekstrakurikuler untuk pendalamannya. Kurikulum Cambridge di aplikasikan dari tiga mata pelajaran yaitu English, Science, dan Mathematics. Tahap evaluasi dalam implementasi kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya telah dievaluasi dengan baik melalui check progression test atau (CPT) untuk siswa kelas I hingga kelas V dan checkpoint untuk siswa kelas VI dan ujian ini dilakukan sekali setahun. Hasil ujian ini tidak ada standar kelulusan bagi siswa hanya untuk pemetaan kemampuan belajar siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum, Kurikulum Cambridge
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 07 Apr 2021 06:06
Last Modified: 07 Apr 2021 06:06
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6491

Actions (login required)

View Item View Item