Larasati, Zhusnia and Hartatik, Sri and Nafiah, . and Rahayu, Dewi Widiana (2020) Pendekatan Mastery Learning Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7 (2). pp. 136-144. ISSN 2621-0282
|
PDF
Pendekatan Mastery Learning Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Siswa Di Sekola.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review sri hartatik.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review nafiah.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review dewi widiana rahayu.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin sri hartatik.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin nafiah.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin dewi widiana rahayu.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas 1 melalui pendekatan mastery learning sekolah dasar di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelas 1 berjumlah 34 siswa. Penelitian menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan respons siswa dikatakan baik. Hasil belajar siswa meningkat 61% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus 1, persentase ketuntasan siswa adalah 24% atau 8 siswa. Pada siklus II, persentase ketuntasan siswa sebanyak 85% atau 29 siswa. Artinya penerapan pendekatan mastery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Pendekatan Mastery Learning; Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 05:23 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 05:41 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6498 |
Actions (login required)
View Item |