Pendekatan Mastery Learning Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Siswa Di Sekolah Dasar

Larasati, Zhusnia and Hartatik, Sri and Nafiah, . and Rahayu, Dewi Widiana (2020) Pendekatan Mastery Learning Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7 (2). pp. 136-144. ISSN 2621-0282

[img]
Preview
PDF
Pendekatan Mastery Learning Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Siswa Di Sekola.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review sri hartatik.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review nafiah.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review dewi widiana rahayu.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin sri hartatik.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin nafiah.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin dewi widiana rahayu.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladu...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas 1 melalui pendekatan mastery learning sekolah dasar di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelas 1 berjumlah 34 siswa. Penelitian menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan respons siswa dikatakan baik. Hasil belajar siswa meningkat 61% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus 1, persentase ketuntasan siswa adalah 24% atau 8 siswa. Pada siklus II, persentase ketuntasan siswa sebanyak 85% atau 29 siswa. Artinya penerapan pendekatan mastery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pendekatan Mastery Learning; Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 08 Apr 2021 05:23
Last Modified: 01 Dec 2022 05:41
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6498

Actions (login required)

View Item View Item