PENERAPAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASİS DARİNG DENGAN MENGGUNAKAN APLİKASİ GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENİNGKATKAN KEMAMPUAN MAHASİSWA DALAM MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN

Nafiah, . and Hartatik, Sri (2020) PENERAPAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASİS DARİNG DENGAN MENGGUNAKAN APLİKASİ GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENİNGKATKAN KEMAMPUAN MAHASİSWA DALAM MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN. Education And Human Development Journal (EHDJ), 5 (1). ISSN 2541-0156

[img]
Preview
PDF
Penerapan Manajemen Pembelajaran Berbasis Daring Dengan GCR.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review nafiah.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review sri hartatik.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin nafiah.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin sri hartatik.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/articl...

Abstract

Kegiatan pembelajaran berbasiskan dapat dilakukan dengan efektif efesien jika dilakukan sistem manajemen pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan manajemen pembelajaran berbasis daring dengan menggunakan aplikasi google classroom untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat perangkat pembelajaran pada mata kuliah perencanaan pembelajaran di Prodi S1 PGSD FKIP UNUSA. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan di prodi PGSD FKIP UNUSA semester 3 kelas B dengan jumlah mahasiswa 56 mahasiswa. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan ceklist (checklist) dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen pembelajaran berbasis daring dengan menggunakan aplikasi google classroom dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat perangkat pembelajaran pada mata kuliah perencanaan pembelajaran di Prodi S1 PGSD FKIP UNUSA. Hal tersebut dilihat dari kenaikan rata-rata nilai setiap siklus dan nilai rata-rata mahasiswa lebih dari kriteria ketercapaian indikator yang ditentukan. Pada siklus 1 pertemuan ke 1 rata-rata nilai penyusunan perangkat pembelajaran SD (Prota, Prosem/Promes, Silabus, RPP) sekitar 45, sedangkan pada pertemuan ke 2 nilai rata-rata peragkat pembelajaran sekitar 68,25. Pada siklus ke 2 pada pertemuan 1 nilai rata-rata penyusunan perangkat pembelajaran sekitar 73,5, sedangkan pada pertemuan ke 2 nilai rata-rata mahasiswa dalam penyususnan perangkat pembelajaran SD sebesar 96,75.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajememen Pembelajaran, google classroom, Perencanaan pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 08 Apr 2021 05:30
Last Modified: 22 Jun 2022 03:47
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6499

Actions (login required)

View Item View Item