PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA KELAS IV SD KHADIJAH SURABAYA

Laily, Ulvi Nur and Nafiah, . and Hartatik, Sri and Taufiq, Mohammad (2020) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA KELAS IV SD KHADIJAH SURABAYA. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9 (2). pp. 213-227. ISSN 2598-5949

[img]
Preview
PDF
Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Kecerdasan VisualSpasial Siswa Kelas IV SD Khadijah Surabay.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review nafiah.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin nafiah.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFK...

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh gaya mengajar guru terhadap kecerdasan visual-spasial siswa kelas IV SD Khadijah Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya mengajar yang digunakan guru kelas IV, untuk mengetahui kecerdasan visual-spasial siswa kelas IV dan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap kecerdasan visual-spasial siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian korelasional, jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 123 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 95 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah soal 23 soal variabel X dan 15 soal variabel Y yang valid dengan nilai reliabel sebesar 0.893 (variabel X) dan 0.783 (variabel Y). Teknik analisis data menggunakan uji pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) gaya mengajar yang digunakan guru kelas IV adalah klasik 31.58%, teknologis 38.95%, personalisasi 7.37%, dan interaksional 22.1%, 2) Kecerdasan visual-spasial dari 72 siswa kelas IV (75.8%) berada pada kategori tinggi, 22 siswa (23.2%) berada pada tingkat sedang, dan 1 siswa (1.1%) berada pada kategori rendah, 3) Gaya mengajar guru memiliki pengaruh sedang terhadap kecerdasan visual-spasial siswa kelas IV dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.521 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.01. Saran yang direkomendasikan pada penelitian ini untuk peneliti lain, guru, dan sekolah agar menerapkan gaya mengajar yang sesuai dengan kecerdasan visual-spasial siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: gaya mengajar, kecerdasan, visual-spasial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 08 Apr 2021 05:38
Last Modified: 08 Apr 2021 05:38
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6500

Actions (login required)

View Item View Item