ROHMI, FAURIZA and Nafiah, . (2019) Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di SDN Margorejo VI524 dan SDN Baratajaya. Education And Human Development Journal (EHDJ), 4 (2). ISSN 2541-0156
|
PDF
Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik terhadap Peningkatan Komp.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review nafiah.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin nafiah.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kepala sekolah bertanggung jawab penuh dalam penyelenggaraan pendidikan bersama para guru sebagai pengajar di kelas. Dalam proses tersebut, guru dituntut mampu menguasai empat kompetensi yang salah satunya yakni kompetensi pedagogik. Kompetensi tersebut bertujuan untuk mewujudkan suatu pembelajaran yang mendidik bagi peserta didik. Namun, tidak semua guru menguasai kompetensi tersebut, sehingga hal itu menjadi tanggung jawab kepala sekolah dalam mengadakan kegiatan supervisi akademik. Kegiatan tersebut dilakukan oleh kepala sekolah dengan memberi pembinaan, berupa rapat/kunjungan kelas. Dengan begitu, guru bisa meningkatkan kompetensi pedagogik yang dimiliki. Kegiatan tersebut dapat memperbaiki permasalahan dalam proses pembelajaran. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis adanya keterlaksanaan supervisi akademik di SDN Margorejo VI/524 dan SDN Baratajaya Surabaya. Kedua sekolah tersebut bertempat di Surabaya. Selain itu, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menguji adanya pengaruh keterlaksanaan supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan korelasi rank spearman dengan data skala ordinal. Populasi dari dua sekolah yaitu 102 responden, sampel sebanyak 81 responden dengan taraf kesalahan 0,05. Observasi dengan angket yang sudah teruji valid dan reliabelnya. Hasil analisa diperoleh dengan menggunakan SPSS 21 for Windows 2007. Penelitian menggunakan dua teknik analisis data, yakni analisis deskriptif dan analisis korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua sekolah tersebut telah melaksanakan kegiatan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Hasil yang diperoleh sebesar 0,608 yang artinya berkategori sangat baik dan baik dan tergolong korelasi sedang, dengan nilai signifikan korelasinya sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga hipotesis pada penelitian ini yakni H 1 diterima dan H 0 Kata kunci: guru, supervisi akademik, dan kompetensi pedagogik. I. Pendahuluan Pendidikan termasuk segala sesuatu proses yang didasarkan pada kesadaran manusia secara sengaja dalam memperoleh pendidikan yang mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Pendidikan berperan penting dalam kehidupan. Dimana dengan pendidikan, manusia dapat memiliki kecerdasan dalam bertingkah laku, beragama, dan bersosial dengan lingkungan dan negaranya. Sehingga alangkah baiknya jika pemberian penddikan dapat dilakukan sejak dini. Hal itu diharapkan dapat memudahkan manusia dalam bertindak dari ia mudah hingga tua. Pengertian tersebut sejalan dengan Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 20013 tentang Sistem Pendidikan Nasional Menurut UU Tahun 2003 pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional menjelaskan bahwasanya terselenggaranya suatu pendidikan. Sehingga dalam penyaluran pendidikan, kepala sekolah berperan penting dalam pengelolaan penyaluran pendidikan. Penjelasan tersebut menjelaskan bahwa pendidikan tidak akan tersalurkan jika tidak ada seorang kepala pendidik di tolak.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru, supervisi akademik, dan kompetensi pedagogik. |
Subjects: | L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 05:49 |
Last Modified: | 08 Apr 2021 05:49 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6501 |
Actions (login required)
View Item |