Pembelajaran Menulis Kata dengan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Tunagrahita Ringan

Ghufron, Syamsul and Toha, Adi Irawan and Markub, . and Nafiah, . (2020) Pembelajaran Menulis Kata dengan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Tunagrahita Ringan. ELSE: Elementary School Education Journal, 4 (2). pp. 66-80. ISSN 2597-4122

[img]
Preview
PDF
Pembelajaran Menulis Kata dengan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Tunagrahita Ringan.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review nafiah.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin nafiah.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/ar...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis kata dengan media KKB pada anak tunagrahita ringan. Tujuan penelitian tersebut diperinci ke dalam beberapa tujuan khusus berikut: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis kata dengan media KKB, (2) mendeskripsikan respons siswa terhadap pembelajaran menulis kata dengan media KKB, dan (3) mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran menulis kata dengan media KKB pada anak tunagrahita ringan. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini berupa pembelajaran menulis kata dengan media KKB yang meliputi (1) pelaksanaan pembelajaran, (2) respons siswa, dan (3) efektivitas pembelajaran menulis kata dengan media KKB. Semua data bersumber dari guru dan siswa di kelas 4 SLB Bina Harapan Desa Paji, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, teknik angket, dan teknik tes. Data tersebut dikumpulkan dengan instrumen berupa rubrik observasi, angket, dan soal tes. Data dianalisis secara desktiptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media KKB dapat membantu siswa dan sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kata. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa diperoleh rata-rata skor sebesar 88%, sedangkan dari hasil pengamatan terhadap aktivitas guru diperoleh skor sebesar 95%. Respons siswa terhadap pembelajaran menghasilkan skor rata-rata sebesar 88%. Skor ketuntasan belajar siswa sebesar 88%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Menulis Kata, Media KKB, Tunagrahita Ringan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 09 Apr 2021 06:49
Last Modified: 09 Apr 2021 06:49
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6509

Actions (login required)

View Item View Item