Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Margorejo VI Surabaya melalui Model Jig Saw

Susanti, Evi and Taufiq, Mohammad and Hidayat, Muhammad Thamrin and Machmudah, Machmudah (2019) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Margorejo VI Surabaya melalui Model Jig Saw. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 4 (1). pp. 55-64. ISSN 2684-7604

[img]
Preview
PDF
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Margorejo VI Surabaya melalui Model Jig Saw.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review machmudah.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin machmudah.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/...

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan menganalisis berdasarkan penalaran logis. Pada prinsipnya, orang yang mampu berpikir kritis adalah orang yang tidak begitu saja menerima atau menolak sesuatu, mereka akan mencermati, menganalisis dan mengevalusi sebelum menentukan apakah mereka menerima atau menolak informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Peneliti mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan soal pretest dan posttest dengan ketuntasan KKM 75. Model pembelajaran Jigsaw merupakan model pembelajaran yang di desain dengan pola kelompok asal dan ahli untuk meningkatkan rasa tanggungjawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan orang lain. Sintaks model pembelajaran Jigsaw yang digunakan adalah (1) pembagian kelompok (2) pemberian materi (3) anggota kelompok mempelajari bagian materi yang di tugaskan (4) pertemuan kelompok ahli (5) kembali ke kelompok asal (6) pemberian kuis. Peneliti mengukur model pembelajaran Jigsaw dengan mengggunakan lembar keterlaksanaan model Jigsaw. Pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen, dan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group design dengan jumlah subyek sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji statistic non-parametrik dengan analisis uji Mann Whitney, karena data tidak berdistribusi normal dan tidak homogen. Berdasarkan hasil output “Test Statistics” dari uji Mann Whitney menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H_1) diterima, yang artinya ada perbedaan pada nilai pretest dan posttest serta ada pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Model Jigsaw; Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:51
Last Modified: 12 Oct 2023 07:50
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6533

Actions (login required)

View Item View Item