Pengembangan Media Pembelajaran Malongka (Mari Lompat Angka) dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Materi Operasi Bilangan Kelas II SD

Nurlaili, Siti and Hartatik, Sri and Akhwani, . and Taufiq, Mohammad (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Malongka (Mari Lompat Angka) dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Materi Operasi Bilangan Kelas II SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2). pp. 577-592. ISSN 2579-9258

[img]
Preview
PDF
Pengembangan Media Pembelajaran Malongka (Mari Lompat Angka) dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Materi Operasi Bilangan Kelas II SD.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review sri hartatik.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin sri hartatik.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review akhwani.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin akhwani.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan tradisional engkle menjadi media pembelajaran. Media yang dikembangkan diberi nama Malongka (mari lompat angka) operasi bilangan. Pengembangan media ini ditinjau dari segi proses, kualitas, dan efektivitas penggunaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). langkah-langkah yang digunakan adalah model Sugiyono serta Borg dan Gall. Langkah-langkah tersebut dimodifikasi ke dalam enam langkah pengembangan, yaitu: mencari potensi dan masalah, menyusun perencanaan, membuat desain produk, melakukan validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Uji coba produk dilakukan secara skala kecil kepada enam siswa kelas II SD Hidayatur Rohman Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil dari penelitian ini adalah. (1) media ini mempunyai aspek, antara lain: menarik, menyenangkan, dan menumbuhkan kreativitas siswa (2) Kualitas media Malongka Operasi Bilangan memiliki kualitas yang “sangat baik” dengan rata-rata skor 3,3. (3) Hasil tes siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan media Malongka dalam menyelesaikan soal open ended terkait Operasi Bilangan mengalami kenaikan sebesar 128,2% serta siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: R&D, Malongka, open ended, operasi bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:43
Last Modified: 22 Jun 2022 03:57
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6618

Actions (login required)

View Item View Item