Meta-Analisis Quasi Eksperimental Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Akhwani, . and Nurizka, Rian (2021) Meta-Analisis Quasi Eksperimental Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5 (2). pp. 446-454. ISSN 2580-1147

[img]
Preview
PDF
Meta-Analisis Quasi Eksperimental Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review akhwani.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin akhwani.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/...

Abstract

Tidak ada model pembelajaran yang paling baik dan paling buruk. Model pembelajaran memiliki karakteristik sesuai dengan konten tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Penelitian ini berujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran VCT terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Penelitian didesain dengan mengganalisis beberapa hasil penelitian quasi eksperimental terkait model pembelajaran VCT terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat selisih antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Rata-rata nilai siswa pada model pembelajaran VCT sebesar 75,02, sementara kelas konvensional adalah 67,06, terdapat selisih 7,96. Dengan kata lain terdapat kenaikan rata-rata 10,61 persen. Model pembelajaran VCT cenderung digunakan dalam materi Pendidikan Kewarganegaraan dan IPS. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan materi yang berbasis nilai, sementara VCT merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan nilai. VCT dapat dipadukan dengan media video untuk menyampaikan stimulus cerita. Model pembelajaran VCT dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: value clarification tehnique, prestasi belajar, sekolah dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 03 Sep 2021 10:03
Last Modified: 03 Sep 2021 10:03
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6663

Actions (login required)

View Item View Item