Akhwani, . and Kurniawan, Moh Wahyu (2021) Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Keguruan dalam Menyiapkan Generasi Rahmatan Lil Alamin. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (3). pp. 890-899. ISSN 2656-8063
|
PDF
Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Keguruan dalam Menyiapkan Generasi Rahmatan Lil Alamin.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review akhwani.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin akhwani.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Mahasiswa keguruan memiliki posisi strategi dalam mempromosikan toleransi, karena pendidikan merupakan wadah untuk menumbuhkembangkan sikap toleransi. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan memberikan gambaran sikap toleransi mahsaiswa keguruan untuk menyiapkan generasi Rahmatan lil Alamin. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan terdapat empat indikator sikap toleransi, yaitu menghargai orang lain, menerima perbedaan, menghormati orang lain yang kondisinya berbeda, serta tidak memaksakan orang lain untuk sama dengan dirinya atau membiarkan membiarkan orang lain untuk bertindak sesuatu. Toleransi memiliki batasan, tidak semua tindakan dapat ditoleransi. Mahasiswa keguruan Unusa menunjukan sikap toleransi pada setiap unsurnya. 51% mahasiswa keguruan Unusa sangat toleran, 39% toleran dan 8% cukup toleran dan sisanya hanya 2% yang kurang toleran. Toleransi perlu untuk dipupuk dan dikembangkan. Perbedaan selalu hadir di setiap kehidupan, namun perbedaan dapat menjadi indah seperti pelangi yang indah karena perbedaan warnanya
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap, Toleransi, Mahasiswa, Keguruan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 12:34 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 12:34 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6664 |
Actions (login required)
View Item |