Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar

Soleha, Fikriyatus and Akhwani, . and Nafiah, . and Rahayu, Dewi Widiana (2021) Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5 (5). pp. 3117-3124. ISSN 2580-1147

[img]
Preview
PDF
Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review akhwani.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin akhwani.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Pembelajaran merupakan harmoni antara peserta didik dengan guru serta sumber daya di lingkungan belajar. Model pembelajaran memiliki peran penting untuk mencapai hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar PKn Sekolah Dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian meta-analisis. Sumber data berasal dari jurnal ilmiah yang diperoleh melalui google scholar dengan kata kunci Contextual Teaching and Learning, hasil belajar PKn di SD. Penelitian didesain dengan menganalisis hasil penelitian relevan dengan mecermati gain skor hasil belajar PKn antara pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah 64,88, setelah diterapkan model pembelajaran CTL mengalami peningkatan sebesar 81,77. Selisih antara pretest dan posttest adalah 16,89 atau meningkat sebesar 26,03%. Penggunaan model pembelajaran CTL memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar PKn Sekolah Dasar. Guru dapat menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk mengajarkan materi PKn di sekolah dasar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CTL, hasil belajar, PKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 08 Oct 2021 04:03
Last Modified: 08 Oct 2021 04:03
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6691

Actions (login required)

View Item View Item