Silfiyah, Afifatus and Ghufron, Syamsul and Ibrahim, Muslimin and Mariati, Pance (2021) Pengaruh Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5 (5). pp. 3142-3149. ISSN 2580-1147
|
PDF
Pengaruh Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review pance mariati.pdf Download (695kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin pance mariati.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan di UPT SD Negeri 266 Gresik yang mengalami pengaruh penerapan metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan. Pengaruh metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan di UPT SD Negeri 266 Gresik dikarenakan kurangnya motivasi kepada siswa untuk membaca dan kurangnya metode yang digunakan dan ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi minat belajar membaca terhadap siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan soal tes. Berdasarkan hasil wawancara dan pemberian tes menunjukkan bahwa dari 24 siswa terdapat 23 siswa yang belum bisa membaca dengan lancar. Hasil analisis data menggunakan uji regresi sederhana . hasil analisis data diperoleh signifikansi sig. 0.947 < 0,05 yang artinya menunjukkan metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan siswa memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode SAS, Kemampuan siswa, membaca permulaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 06:12 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:12 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6701 |
Actions (login required)
View Item |