Hardiningrum, Andini and Mariati, Pance and Rihlah, Jauharotur (2021) Strategi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Khadijah Pandegiling Surabaya. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5 (1). pp. 21-31. ISSN 2579-7190
|
PDF
Strategi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Khadijah Pandegiling Surabaya.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review pance mariati.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review andini hardiningrum.pdf Download (806kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review jauharotur rihlah.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin pance mariati.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin andini hardiningrum.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin jauharotur rihlah.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di TK Khadijah Pandegiling Surabaya dan dapat memberikan informasi bagi sekolah lain dalam melakukan strategi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif perspektif naturalistik (naturalistic inquiry) serta penyajian analisis data non statistik. Penelitian ini berlangsung di TK Khadijah Pandegiling Surabaya. Disamping itu juga karena kemudahan akses untuk melakukan penelitian. Pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu: (1) Wawancara (2) Observasi dan (3) Studi dokumentasi (study of documentation). Hasil dari penelitian ini dapat mengambil garis besar bahwa strategi yang dilakukan sekolah dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di masa pandemi Covid-19 adalah sebagai berikut : 1. Konsep trial class yaitu kegiatan bermain secara online melalui aplikasi Zoom yang dapat diikuti oleh calon peserta didik bersama orangtua dirumah dengan alat dan bahan kegiatan yang sederhana, 2. Ngobrol Bareng yaitu melakukan percakapan dengan wali murid di sekolah tersebut melalui video siaran langsung pada aplikasi Instagram yang dapat dilihat secara langsung, 3. Main Bareng (Mabar) yaitu kegiatan demonstrasi permainan sederhana dari guru yang langsung disiarkan melalui aplikasi Instagram, 4. Video animasi pembelajaran yang di sebarkan melalui media sosial yaitu Instagram, facebook, youtube, dll. 5. Kegiatan pembagian brosur melalui jum’at berkah, yaitu guru membagikan nasi bungkus setiap hari jum’at dan di dalam kresek nasi bungkus tersebut di selipkan brosur sekolah dan 6. Memberikan diskon pembayaran sekolah dan memberikan kesempatan untuk membayar beberapa kali selama jangka waktu yang ditentukan oleh pihak sekolah. .
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, penerimaam peserta didik baru, anak usia dini, pandemi covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 07:02 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 08:09 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6704 |
Actions (login required)
View Item |