Texts and Co-texts of Digital Native Elementary School Art Learning during the Covid-19 Pandemic

Mariati, Pance and Hartatik, Sri and Kasiyun, Suharmono and Asmarani, Ratih (2021) Texts and Co-texts of Digital Native Elementary School Art Learning during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11 (2). pp. 101-112. ISSN 2549-4147

[img]
Preview
PDF
Texts and Co-texts of Digital Native Elementary School Art Learning during the Covid-19 Pandemic.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review pance mariati.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin pance mariati.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspiras...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sintesis perubahan konseptual dalam pembelajaran seni bagi siswa digital natives untuk merefleksikan praktik pembelajaran seni saat ini sehingga menjadi titik pijak dalam proses peningkatan ke depannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus terhadap pembelajaran seni bagi siswa digital natives di 3 sekolah dasaryang berada di Kabupaten Pacitan selama Mei 2020 hingga Mei 2021 dengan 100 siswa dan 50 guru. Penelitian ini mewacanakan objek material dan formal dalam pembelajaran seni menjadi teks dan ko-teks sebagai pandang dari semiotika pendidikan ruang kelas yang merupakan upaya sistematisasi berdasarkan elemen pembelajaran seni bagi digital natives. Hasil penelitian menunjukkan elemen pembelajaran seni sepertihalnya model pembelajaran, aspek keintiman antara guru dan siswa, serta ekosistem pembelajaran yang ada di dalamnya selalu berkembang dengan mempertimbangkan unsur entrainment. Dibutuhkan integrasi antara elemen pembelajaran untuk memenuhi prasyarat terjadinya resiliensi bagi siswa digital natives, antara lain: keintiman antara teks dan co- teks pembelajaran, kompetensi teks dan co-teks pembelajaran, dan entrainment dalam ekosistem pembelajaran berbasis kelas digital natives.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: teks dan co-teks, pembelajaran seni, sekolah dasar, digital natives, pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:31
Last Modified: 25 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6706

Actions (login required)

View Item View Item