Kreativitas Guru Paud Dalam Penciptaan Gerak dan Lagu Tematik Untuk Anak Usia Dini

Mariati, Pance and Sunanto, Sunanto (2020) Kreativitas Guru Paud Dalam Penciptaan Gerak dan Lagu Tematik Untuk Anak Usia Dini. Education And Human Development Journal (EHDJ), 5 (2). pp. 91-98. ISSN 2541-0156

[img]
Preview
PDF
Kreativitas Guru Paud Dalam Penciptaan Gerak dan Lagu Tematik Untuk Anak Usia Dini.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review pance mariati.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin pance mariati.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i2.1783

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru PAUD dalam penciptaan gerak dan lagu tematik untuk anak usia dini yang meliputi ide gagasan, bentuk dan proses penciptaan gerak dan lagu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memuat deskripsi kreativitas Guru PAUD dalam proses penciptaan gerak dan lagu tematik untuk anak usia dini yang diawali dari penentuan ide gagasan, tahap eksplorasi gerakan, tahap improvisasi gerak dan tahap pembentukan gerakan. Dimana masing-masing tahapan penciptaan gerak dan lagu difokuskan pada gerak dan lagu bertema sesuai dengan tema pembelajaran yang ada di PAUD. Kesimpulan penelitian ini yaitu, bagaimanapun bentuk gerak dan lagu yang diciptakan oleh Guru PAUD hendaknya disesuaikan dengan karakteristik dari peserta didik. Gerak dan lagu yang bagus, adalah gerak yang dilakukan dengan anak-anak menirukan syair yang ada dalam lagu tersebut. Karena gerak dan lagu selain dapat melatih fisiknya, juga dapat melatih Bahasa anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Guru Paud; Penciptaan; Gerak lagu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:39
Last Modified: 13 Apr 2023 07:17
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6707

Actions (login required)

View Item View Item