WIJAYA, NURDIANA AYU PUTRI
(2021)
ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY. N DI PMB IKA MARDIYANTI SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Angka Kematian Ibu (AKI) dan angka Kematian Bayi (AKB) adalah
indikator yang sangat penting dalam melihat derajat kesehatan dalam suatu wilayah.
Pada tahun 2019, AKI Kota Sidoarjo mencapai 52,11 per 100.000 kelahiran hidup
dan AKB mencapai 4,14 per 1000 kelahiran hidup dengan faktor tertinggi AKI
adalah pendarahan dan hipertensi dan untuk AKB yakni Bayi Baru Lahir Rendah
(BBLR). Laporan Tugas Akhir ini dibuat dengan tujuan memberikan asuhan
kebidanan secara komprehensif mulai dari hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir dan
keluarga berencana sehingga bisa menurunkan AKI dan AKB di Sidoarjo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan melalakukan
pendekatan secara Continuity Of Care (COC) ini bertempat di PMB Ika Mardiyanti
Sidoarjo mulai tanggal 20 April 2021 sampai dengan 06 Juni 2021. Dengan subjek
Ny. N dengan teknik pengumpulan data berdasarkan data subjektif dan objektif
yang didapatkan dari pengkajian secara langsung maupun online (via Whatsapp).
Berdasarkan laporan penulis pada Ny. N didapatkan hasil dari
pendampingan secara langsung tidak terdapat keluhan dan kehamilan berjalan tidak
ada penyulit dan komplikasi. Persalinan ibu berlangsung secara sectio caesarea
(SC) dengan indikasi Ketuban Pecah Dini (KPD). Masa nifas ibu tidak ada penyulit
dan komplikasi. By. Ny. N tidak ada penyulit dan tidak dijumpai infeksi. Asuhan
keluarga berencana tidak ada keluhan dan ibu memilih metode kontrasepsi
Kondom. Dengan total asuhan sebanyak 15 kali yakni 4 kali hamil, bersalin 1 kali,
nifas 4 kali, neonatus 4 kali, dan KB 2 kali.
Simpulan laporan tugas akhir ini adalah asuhan pada Ny. N mulai dari hamil
sampai keluarga berencana hampir seluruhnya berjalan fisiologis kecuali saat
persalinan termasuk patologis. Disarankan ibu meningkatkan lagi dalam menjaga
kesehatan ibu dan bayi. Tidak hanya dikehamilan saat ini, namun juga dikehamilan
selanjutnya.
Actions (login required)
|
View Item |