PUSPITASARI, LIDIA
(2021)
STUDI TENTANG PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN : CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL MODERASI.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan: Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan dan laporan keuangan konsolidasian perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI selama periode 2015-2019. Sampel pada penelitian ini berjumlah 18 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan dalam menganalisis data menggunakan aplikasi WarpPLS 6.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility mampu memoderasi pengaruh profitabilitas ROA terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas (ROE) terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility mampu memoderasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility tidak mampu memoderasi ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Actions (login required)
|
View Item |