RIZQIYAH, SAHLA
(2021)
PENGARUH PEMBERIAN MEDIA PEERS MODELLING TERHADAP KONSUMSI SAYUR PADA ANAK PRA-SEKOLAH DI TK BAITUL KARIM SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Salah satu faktor yang memengaruhi anak pra-sekolah tidak mengonsumsi
sayur adalah media dan teman sebaya. Dengan adanya masalah tersebut perlu
dilakukan pendekatan agar lebih baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis
pengaruh pemberian media video peers modeling terhadap konsumsi sayur pada
nak pra-sekolah di TK Baitul Karim Surabaya. Penelitian ini merupakan studi
Quasy–Experiment dengan pendekatan Post Test-Only Nonequivalent Control
Group Design. Jumlah sampel sebanyak 38 orang atau perkelompok 19 orang.
Pengambilan sampel menggunakan metode Probability sampling dengan simple
random sampling. Variabel Independen penelitian ini adalah pemberian media
video peers modeling, sedangkan variabel dependen konsumsi sayur. Intervensi
dilakukan sebanyak 3 kali. Teknik pengumpulan data pada konsumsi sayur
menggunakan form skala Comstock. Analisis data menggunakan uji Mann�Whitney dengan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar
konsumsi sayur sebelum perlakuan pada kelompok intervensi dan kontrol adalah
semangkok kecil. Konsumsi sayur setelah perlakuan pada kelompok intervensi
hari ke-1 sampai 3 sebagian besar 30 gr, sedangkan kelompok kontrol sebagian
besar pada hari ke 1 dan 3 sebanyak 0 gr dan hari ke-2 sebanyak 7.5 gr. Terdapat
perbedaan signifikansi = 0.000 konsumsi sayur pada kelompok intervensi dan
kelompok kontrol setelah pemberian perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah pemberian media video peers modeling mampu meningkatkan konsumsi
sayur pada anak pra-sekolah. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan
menghomogenkan variabel pengganggu terlebih dahulu agar penelitian hasilnya
lebih akurat dan melakukan pengamatan efek pemberian video peers modelling
secara jangka panjang pada konsumsi sayur anak pra sekolah.
Actions (login required)
|
View Item |