PENGARUH PEMBERIAN MEDIA PEERS MODELLING TERHADAP KONSUMSI SAYUR PADA ANAK PRA-SEKOLAH DI TK BAITUL KARIM SURABAYA

RIZQIYAH, SAHLA (2021) PENGARUH PEMBERIAN MEDIA PEERS MODELLING TERHADAP KONSUMSI SAYUR PADA ANAK PRA-SEKOLAH DI TK BAITUL KARIM SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-GZ-210004_abstract.pdf

Download (841kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-28326.html

Abstract

Salah satu faktor yang memengaruhi anak pra-sekolah tidak mengonsumsi sayur adalah media dan teman sebaya. Dengan adanya masalah tersebut perlu dilakukan pendekatan agar lebih baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pemberian media video peers modeling terhadap konsumsi sayur pada nak pra-sekolah di TK Baitul Karim Surabaya. Penelitian ini merupakan studi Quasy–Experiment dengan pendekatan Post Test-Only Nonequivalent Control Group Design. Jumlah sampel sebanyak 38 orang atau perkelompok 19 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode Probability sampling dengan simple random sampling. Variabel Independen penelitian ini adalah pemberian media video peers modeling, sedangkan variabel dependen konsumsi sayur. Intervensi dilakukan sebanyak 3 kali. Teknik pengumpulan data pada konsumsi sayur menggunakan form skala Comstock. Analisis data menggunakan uji Mann�Whitney dengan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumsi sayur sebelum perlakuan pada kelompok intervensi dan kontrol adalah semangkok kecil. Konsumsi sayur setelah perlakuan pada kelompok intervensi hari ke-1 sampai 3 sebagian besar 30 gr, sedangkan kelompok kontrol sebagian besar pada hari ke 1 dan 3 sebanyak 0 gr dan hari ke-2 sebanyak 7.5 gr. Terdapat perbedaan signifikansi = 0.000 konsumsi sayur pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah pemberian perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian media video peers modeling mampu meningkatkan konsumsi sayur pada anak pra-sekolah. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan menghomogenkan variabel pengganggu terlebih dahulu agar penelitian hasilnya lebih akurat dan melakukan pengamatan efek pemberian video peers modelling secara jangka panjang pada konsumsi sayur anak pra sekolah.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPutri, Pratiwi HariyaniNIDN0723038803pratiwi@unusa.ac.id
Thesis advisorYuliani, KartikaNIDN0716079301kartika.yuliani@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Edukasi, peers modeling, media video, konsumsi sayur, anak pra-sekolah
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ206-235 Nutrition and feeding of children and adolescents
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 17 Jan 2022 05:57
Last Modified: 17 Jan 2022 05:57
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6773

Actions (login required)

View Item View Item