ARISKA, DEVI NUR
(2021)
HUBUNGAN KETERSEDIAAN PANGAN RUMAH TANGGA DENGAN DIETARY DIVERSITY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Permasalahan gizi yang terjadi saat ini merupakan akibat dari kesalahan
dalam pola makan yang tidak memperhatikan keragaman pangan atau dietary
diversity. Dietary diversity salah satunya dipengaruhi oleh ketersediaan pangan
rumah tangga. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan
ketersediaan pangan rumah tangga dengan dietary diversity pada Mahasiswa
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Jenis penelitian ini adalah observasional
analytic dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dan jumlah sampel 108
responden yang diambil secara cluster sampling.Variabel bebas adalah
ketersediaan pangan rumah tangga sedangkan variabel terikat adalah dietary
diversity. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner Project EAT II
Survey for Young Adults untuk mengetahui ketersediaan pangan rumah tangga dan
recall 1×24 jam serta tabel perhitungan IDDS untuk mengetahui dietary diversity.
Hasil analisis statistik menggunakan uji statistik rank spearman menunjukkan
tidak ada hubungan yang signifikan antara ketersediaan pangan rumah tangga
dengan dietary diversity pada Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
(p-value>0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hampir setengah
responden (48,1%) selalu tersedia buah dan sayur di rumah dan sebagian besar
responden (45,4%) memiliki dietary diversity sedang. Kesimpulan dari penelitiam
ini adalah hasil analisis melalui uji rank spearman menunjukkan bahwa p-value
>0,05, sehingga H0 diterima artinya tidak ada hubungan antara ketersediaan
pangan rumah tangga dengan dietary diversity pada Mahasiswa Universitas
Nahdlatul Ulama Surabaya. Hal ini dikarenakan ketersediaan pangan yang ada di
rumah sebagian besar tidak dikonsumsi oleh responden dan lebih memilih
membeli makanan dari luar rumah.
Actions (login required)
|
View Item |