PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN PANGAN HALAL DI SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO

FIRDAUSY, SOFICHO TARIQUL (2021) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN PANGAN HALAL DI SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-GZ-210030_abstract.pdf

Download (433kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29347.html

Abstract

Gaya hidup halal sekarang bukan hanya terbatas bagi umat muslim saja, melainkan sudah banyak negara-negara non muslim yang sudah menerapkan produk makanan halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi audio visual terhadap pengetahuan pangan halal di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah True Experimental dengan menggunakan pre-post test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 responden. pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster sampling. Kemudian dibagi menjadi 2 kelompok (kelompok edukasi video dan kelompok edukasi poster dan diskusi). Analisis uji yang digunakan adalah uji Wilcoxon dengan tingkat signifikan (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap pengetahuan responden (ρ=0,000) pada kelompok kelompok edukasi video dan (p=0,019) pada kelompok edukasi poster dan diskusi. Edukasi audio visual dapat meningkatkan pengetahuan siswa di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Diharapkan adanya penelitian lebih lanjut mengenai edukasi pengetahuan pangan halal dengan metode lainnya dalam meningkatkan pengetahuan pangan halal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPutri, Endah Budi PermanaNIDN0719019202endah.budi92@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Edukasi Gizi, Audio Visual, Pengetahuan, Pangan Halal
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 17 Jan 2022 09:08
Last Modified: 17 Jan 2022 09:08
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6874

Actions (login required)

View Item View Item