THE TEACHER AND STUDENTS PERCEPTION OF COMIC STRIPS IN TEACHING ENGLISH SPEAKING

NAFILA, FATWATUN (2021) THE TEACHER AND STUDENTS PERCEPTION OF COMIC STRIPS IN TEACHING ENGLISH SPEAKING. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-IG-210001_abstract.pdf

Download (427kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29109.html

Abstract

NAFILA, FATWATUN. 2021.The teacher and students perception of comic strips in teaching English speaking, Skripsi, Program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing:(1) Novi Rahmania Aquariza Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan speaking siswa kelas 3 di SDN Baipajung 3, ada tiga persoalan menjadi fokus dalam penelitian ini: 1) untuk mendeskripsikan penggunaan comic strips untuk siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicarabahasaInggris. 2) untuk mengetahui persepsi guru tentang comic strips untuksiswa dalam meningkatkan keterampilan berbicarabahasaInggris.3) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang comic strips dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris.Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan desainfenemenologi. Sumber data yang digunakan, yaitu primer dan sekunder, Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini ada Lima: Observasi, kuisioner, teknik menggambar dan bercerita, dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan kredibilitas menggunakan perbanyak observasi,tingkatkan ketekunan, referensi yang cukup, triangulasi sumber dan tehnik, data yang diperoleh dari lapangan dan pustaka dianalisis menggunakan tiga tahapan yaitu pengurangan data, penyajian data, dan konklusi.Hasil penelitian ini menunjukan; pertama, hasil wawancara terhadap persepsi guru bahasa Inggris menyatakan bahwa speaking English murid kelas 3 meningkat ketika menggunakan comic strips dan juga 3 murid dengan ranking 1, 5 dan 15 dari 15 menyatakan bahwa mereka dapat berbicara menggunakan bahasa Inggris sesudah menggunakan comic strips. kedua, hasil dari quisionare yang diberikan kepada 15 murid kelas tiga yaitu 73% dari mereka menyetujui bahwa speaking English mereka meningkat setalah menggunakan comic strips. Ketiga, hasil observasi peneliti menemukan bahwa dengan menggunakan teknik menggambar dan story telling dalam penggunaan media comic strips dapat membantu siswa dalam meningkatkan speaking English. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pembagian soal pretest sebesar 2,166% sedangkan pada pembagian soal posttest sebesar 7,300%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan comic strips dapat meningkatkan speaking English pada siswa kelas 3 SDN Baipajung 3.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAquariza, Novi RahmaniaNIDN0714118701novirahmania.unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Komik Strip, Persepsi.
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Education > Program Study of English Language Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 18 Jan 2022 08:17
Last Modified: 18 Jan 2022 08:17
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7010

Actions (login required)

View Item View Item