NAFILA, FATWATUN
(2021)
THE TEACHER AND STUDENTS PERCEPTION OF COMIC STRIPS IN TEACHING ENGLISH SPEAKING.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
NAFILA, FATWATUN. 2021.The teacher and students perception of comic
strips in teaching English speaking, Skripsi, Program studi Pendidikan
Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing:(1) Novi Rahmania Aquariza
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan speaking siswa kelas 3 di
SDN Baipajung 3, ada tiga persoalan menjadi fokus dalam penelitian ini: 1)
untuk mendeskripsikan penggunaan comic strips untuk siswa dalam
meningkatkan keterampilan berbicarabahasaInggris. 2) untuk mengetahui
persepsi guru tentang comic strips untuksiswa dalam meningkatkan keterampilan
berbicarabahasaInggris.3) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang comic
strips dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris.Metode
dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan desainfenemenologi.
Sumber data yang digunakan, yaitu primer dan sekunder, Tehnik pengumpulan
data pada penelitian ini ada Lima: Observasi, kuisioner, teknik menggambar dan
bercerita, dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan kredibilitas menggunakan
perbanyak observasi,tingkatkan ketekunan, referensi yang cukup, triangulasi
sumber dan tehnik, data yang diperoleh dari lapangan dan pustaka dianalisis
menggunakan tiga tahapan yaitu pengurangan data, penyajian data, dan
konklusi.Hasil penelitian ini menunjukan; pertama, hasil wawancara terhadap
persepsi guru bahasa Inggris menyatakan bahwa speaking English murid kelas
3 meningkat ketika menggunakan comic strips dan juga 3 murid dengan ranking
1, 5 dan 15 dari 15 menyatakan bahwa mereka dapat berbicara menggunakan
bahasa Inggris sesudah menggunakan comic strips. kedua, hasil dari quisionare
yang diberikan kepada 15 murid kelas tiga yaitu 73% dari mereka menyetujui
bahwa speaking English mereka meningkat setalah menggunakan comic strips.
Ketiga, hasil observasi peneliti menemukan bahwa dengan menggunakan teknik
menggambar dan story telling dalam penggunaan media comic strips dapat
membantu siswa dalam meningkatkan speaking English. Hal ini dapat dilihat
dari nilai rata-rata siswa pada pembagian soal pretest sebesar 2,166%
sedangkan pada pembagian soal posttest sebesar 7,300%. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa penggunaan comic strips dapat meningkatkan
speaking English pada siswa kelas 3 SDN Baipajung 3.
Actions (login required)
|
View Item |