PENERAPAN MANAJEMEN KOMPLAIN DI UNIT HUMAS RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA

MARYANI, . (2021) PENERAPAN MANAJEMEN KOMPLAIN DI UNIT HUMAS RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KM-210038_abstract.pdf

Download (914kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29352.html

Abstract

Komplain merupakan dimana keinginan yang berbeda atau berlawanan antara pasien dengan pihak Rumah Sakit, hal ini dapat mempengaruhi efisiensi dan produktivitas kerja. Rumah Sakit Islam Surabaya dengan layanan komplain masyarakat total sebanyak 13% pasien komplain pada tahun 2020 dari total 5.500 pasien berkunjung, dengan jenis komplain kenyamanan lingkungan sebanyak 69 pasien complain, tujuan penelitian adalah mengidentifikasi penerapan manajemen komplain di Unit Humas Rumah Sakit Islam Surabaya. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan obsevasional. Populasi adalah informan unit humas sebanyak 3 orang. Penyajian melalui observasi, wawancara, dokumentasi pada informan. Indentifikasi data meliputi reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen komplain dari 10 komponen hanya 2 yang cukup baik artinya manajemen komplain bisa dikatakan sudah baik sesuai dengan teori manajemen komplain, yaitu komitmen, visible, accessible, kesederhanaan, kecepatan, fairness, confidential, records, sumber daya, remedy. Namun masih ada kekurangan pada aspek sumber daya yaitu belum adanya pelatihan khusus dalam menangani komplain dan pada aspek accessible yaitu belum ada ruangan khusus untuk pasien komplain. Simpulan dari penelitian yaitu manajemen komplain di unit humas Rumah Sakit Islam Surabaya sudah baik. diharapkan unit humas Rumah Sakit Islam Surabaya dapat meningkatkan layanan komplain dengan memberikan pelatihan khusus untuk penangan komplain dan memberikan ruang khusus untu pengadu.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDNadatien, ImaNIDN0721126904iman.69@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Komplain, Manajemen, Rumah Sakit, Unit Humas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:44
Last Modified: 19 Jan 2022 01:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7025

Actions (login required)

View Item View Item