PRASETYO, BAGUS
(2021)
PENERAPAN TERAPI DISTRAKSI (BERMAIN PUZZLE) PADA ANAK PADA PASIEN FEBRIS DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS DENGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI PUSKESMAS KEDINDING SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kecemasan merupakan perasaan yang paling umum dialami oleh pasien
anak ketika mengalami rawat inap. Saat anak dihadapkan pada prosedur invasif id
puskesmas membuat anak akan mengalami trauma dan mengalami kecemasan.
Penelitian terhadap terapi bermain puzzle ini bertujuan untuk mendapatkan hasil
studi kasus penerapan terapi bermain distraksi (bermain puzzle) terhadap usia
prasekolah dengan masalah keperawatan ansietas, yang menunjukkan bahwa
kedua klien mengalami kecemasan pada perawat dan lingkungan baru, mereka
merasa gelisah dan rewel. Sehingga mereka cenderung meminta perlindungan
pada orang tuanya.
Desain Penelitian ini menggunakan metode kasus. Subyek yaitu 2 klien
yang mengalami rawat inap dengan masalah keperawatan ansietas. Penelitian ini
dilakukan dengan penerapan prosedur yang sesuai dengan evidence based in
nursing. Penelitian berlangsung 3 hari dengan metode pengumpulan data meliputi
pengkajian hingga evaluasi dengan cara wawancara dan observasi. Lokasi
penelitian di Puskesmas kedinding Surabaya.
Hasil studi kasus yang didapat dari penerapan pemberian terapi bermain
puzzle dengan masalah keperawatan ansietas pada anak selama 3 hari menunjukan
adanya gangguan kecemasan pada kedua anak yang didapatkan pada skala
pengukuran SCAS, yang awalnya An M sebelum diberikan terapi didapatkan
skala 27 (Ansietas Berat) setelah diberikan terapi menjadi skala 6 (ansietas
ringan), Dan untuk An L sebelum diberikan terapi didapatkan skala 23 (Ansietas
Berat) setelah diberikan terapi menjadi skala 4 (ansietas ringan).
Terapi bermain dapat digunakan oleh perawat dalam upaya meningkatkan
kualitas pelayanan keperawnatan dalam pemenuhan kebutuhan terhadap gangguan
kecemas terutama pada anak-anak.
Actions (login required)
|
View Item |