NAHDLIYAH, IZZAH
(2021)
A FOURTH-GRADE STUDENTS EXPERIENCE IN USING STICKY NOTES FOR VOCABULARY LEARNING.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Nahdliyah, Izzah. 2021. A Fourth-Grade Student’s Experience in Using Sticky
Notes for Vocabulary Learning. Program studi Pendidikan Bahasa
Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul
Ulama Surabaya. Pembimbing: Mujad Didien Afandi, S. S., M. Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman seorang siswi di salah satu
sekolah dasar di Surabaya yang mengalami kesulitan dalam menghafal dan
memahami kosakata bahasa Inggris. Dia sebagai sumber data utama, dia dapat
memberikan informasi tentang kesulitannya dalam belajar kosakata dan
pengalamannya dalam menggunakan catatan tempel dalam pembelajaran
kosakata. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan inkuiri naratif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Validitas data
dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi. Teknik analisis yang
digunakan mengacu pada analisis induktif data dari model interaktif Miles dan
Huberman, yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan tiga tema yang telah ditetapkan agar
memberikan dasar untuk analisis naratif partisipan. Tema yang pertama adalah
masalah siswa dalam mempelajari kosakata. Tema ini mengungkapkan
permasalahan dalam pelajaran bahasa Inggris yang dihadapi oleh peserta. Kedua,
adalah pengalaman siswa dalam menggunakan catatan tempel dalam
pembelajaran kosa kata, tema ini menjelaskan bagaimana peserta kelas empat
menggunakan catatan tempel untuk pembelajaran kosakata. Ketiga, persepsi siswa
tentang penggunaan sticky note dalam pembelajaran kosakata. Ini menjelaskan
perkembangan persepsi peserta tentang catatan tempel sebagai media untuk
belajar kosakata.
Actions (login required)
|
View Item |