HANDAYANI, DELLA NENY
(2021)
PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER TERHADAP KEPUASAN PASIEN UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM AHMAD YANI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Komunikasi merupakan hal yang penting untuk memengaruhi mutu pelayanan serta ditujukan agar mengubah perilaku pasien dalam rangka mencapai kesehatan optimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah adanya komunikasi yang terjalin antara dokter dengan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dokter terhadap kepuasan pasien unit rawat jalan Rumah Sakit Islam Ahmad Yani Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini menggunakan total sampling yang berjumlah 121 responden yang berada di unit rawat jalan. Variabel dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal yang terdiri dari (respect, empathy, audible, clarit, humble) dan kepuasan pasien. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner secaran online dengan menggunakan google form. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan sebagain besar (77,7%) responden merasa puas. Dan adanya pengaruh yang signifikan pada variabel respect, empathy, audibel, clarity, humble terhadap kepuasan pasiet unit rawat jalan Rumah Sakit Islam Ahmad Yani Surabaya dengan nilai signifikansi 0,005 (
Actions (login required)
|
View Item |