ASTUTTI, ANGGI
(2021)
PENERAPAN TERAPI BERCERITA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG MADINAH RSI A. YANI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Ansietas akibat hospitalisasi pada anak prasekolah dapat membuat anak
menjadi gelisah dan ketaktan sehingga anak tidak mau bekerja sama dalam
tindakan medikasi dan dapat mengganggu proses penyembuhan pada anak.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan terapi bercerita pada anak usia
prasekolah dengan masalah keperawatan ansietas yang mengalami hospitalisasi di
RSI A. Yani Surabaya.
Desain penelitian menggunakan metode studi kasus yang dilakukan pada
2 pasien anak usia prasekolah dengan diagnosa medis bronchopneumoni dan
masalah keperawatan utama adalah ansietas. Pelaksanaan Asuhan Keperawatan
dilakukan pada tanggal 10-12 Juli 2021 meliputi pengkajian, diagnosa, intervensi,
implementasi dan evaluasi dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi
serta mengukur ansietas dengan kuesioner SCAS (Spence Children’s Anxiety
Scale).
Hasil penelitian penerapan terapi bercerita selama 3 hari dapat
menurunkan tingkat ansietas pada An. R dan An. A. Didapatkan hasil sebelum
diberikan tindakan, tingkat Ansietas Berat (21) pada An. R dan tingkat Ansietas
Sedang (18) pada An. A. Sedangkan setelah diberikan tindakan, tingkat Ansietas
Ringan (4) pada An. R dan tingkat Ansietas Ringan (2) pada An. A.
Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapi bercerita efektif
dalam menurunkan tingkat ansietas pada anak prasekolah yang mengalami
hospitalisasi. Perawat dapat menerapkan tindakan mandiri perawat dengan
menerapkan terapi bercerita agar dapat mencapai tindakan medikasi yang optimal.
Actions (login required)
|
View Item |