LESTARY, HAFIIDHA AGIL VITRIA
(2021)
PENERAPAN TERAPI BERCERITA PADA ANAK PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DENGAN MASALAH KEPERAWATAN GANGGUAN POLA TIDUR DI RUANG MADINAH RUMAH SAKIT ISLAM A.YANI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Anak yang mengalami hospitalisasi akan terganggu pola tidurnya, kualitas
tidur yang tidak baik akan mempengarauhi proses penyembuhan. Cara untuk
meningkatkan kualitas tidur salah satunya dengan terapi bercerita. Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis pengaruh terapi bercerita pada anak prasekolah
yang mengalami hospitalisasi dengan masalah keperawatan gangguan pola tidur di
ruang Madinah RSI A.Yani Surabaya.
Desain penelitian ini menggunakan metode kasus asuhan keperawatan.
Subjek penelitian 2 pasien dengan masalah keperawatan gangguan pola tidur yang
mengalami hospitalisasi. Pengumpulan data dilakukan pada 10-12 Juli 2021
meliputi pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi, evaluasi, dengan
menggunakan teknik wawancara, observasi serta menggunakan kuisioner CSHQ.
Hasil penelitian penerapan terapi bercerita selama 3 hari dengan durasi 15
menit dapat memperbaiki gangguan pola tidur, didapatkan hasil bahwa sebelum
diberikan terapi An.R mengalami gangguan pola tidur kurang (44) dan An.A
mengalami gangguan pola cukup (47) sedangkan setelah diberikan terapi kualitas
tidur berubah menjadi baik dengan nilai An.R 64 dan An.A 61 ditandai dengan
tidak ada kesulitan untuk tidur, tidak terbangun pada malam hari, tidur lebih
nyenyak, tenang dan tidak menangis. Namun terapi bercerita tidak dianjurkan
utuk gangguan pola tidur dalam skala berat lebih disarankan menjalankan
tindakan kolaborasi dengan terapi farmakologi.
Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapi bercerita efektif
dalam memperbaiki gangguan pola tidur anak prasekolah yang mengalami
hospitalisasi, sehingga diharapkan dapat diterapkan dirumah sakit sebagai salah
satu upaya untuk memperbaiki gangguan pola tidur pada anak prasekolah yang
mengalami hospitalisasi.
Actions (login required)
|
View Item |