PENERAPAN TERAPI BERCERITA PADA ANAK PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DENGAN MASALAH KEPERAWATAN GANGGUAN POLA TIDUR DI RUANG MADINAH RUMAH SAKIT ISLAM A.YANI SURABAYA

LESTARY, HAFIIDHA AGIL VITRIA (2021) PENERAPAN TERAPI BERCERITA PADA ANAK PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DENGAN MASALAH KEPERAWATAN GANGGUAN POLA TIDUR DI RUANG MADINAH RUMAH SAKIT ISLAM A.YANI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
KT-NS-210108_abstract.pdf

Download (462kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29650.html

Abstract

Anak yang mengalami hospitalisasi akan terganggu pola tidurnya, kualitas tidur yang tidak baik akan mempengarauhi proses penyembuhan. Cara untuk meningkatkan kualitas tidur salah satunya dengan terapi bercerita. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh terapi bercerita pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi dengan masalah keperawatan gangguan pola tidur di ruang Madinah RSI A.Yani Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan metode kasus asuhan keperawatan. Subjek penelitian 2 pasien dengan masalah keperawatan gangguan pola tidur yang mengalami hospitalisasi. Pengumpulan data dilakukan pada 10-12 Juli 2021 meliputi pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi, evaluasi, dengan menggunakan teknik wawancara, observasi serta menggunakan kuisioner CSHQ. Hasil penelitian penerapan terapi bercerita selama 3 hari dengan durasi 15 menit dapat memperbaiki gangguan pola tidur, didapatkan hasil bahwa sebelum diberikan terapi An.R mengalami gangguan pola tidur kurang (44) dan An.A mengalami gangguan pola cukup (47) sedangkan setelah diberikan terapi kualitas tidur berubah menjadi baik dengan nilai An.R 64 dan An.A 61 ditandai dengan tidak ada kesulitan untuk tidur, tidak terbangun pada malam hari, tidur lebih nyenyak, tenang dan tidak menangis. Namun terapi bercerita tidak dianjurkan utuk gangguan pola tidur dalam skala berat lebih disarankan menjalankan tindakan kolaborasi dengan terapi farmakologi. Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapi bercerita efektif dalam memperbaiki gangguan pola tidur anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi, sehingga diharapkan dapat diterapkan dirumah sakit sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki gangguan pola tidur pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSanty, Wesiana HerisNIDN0723067701wesiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Hospitalisasi, Gangguan pola tidur, Anak Prasekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT120.F34 Family Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Profession
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:22
Last Modified: 19 Jan 2022 02:22
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7049

Actions (login required)

View Item View Item