NINGTIAS, DINA
(2021)
PENERAPAN TERAPI KOMPRES HANGAT PADA ANGGOTA KELUARGA YANG MENGALAMI DISMENOREA DENGAN MASALAH KEPERAWATAN KESIAPAN PENINGKATAN MANAJEMEN KESEHATAN DI RT.03 PUCANGAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Dismenore selama ini dianggap hal yang wajar dengan beranggapan
dismenore akan hilang setelah beberapa hari. Namun jika dismenore tidak ditangani
maka dismenore dapat mengganggu aktifitas sehari-hari dan beresiko menyebabkan
kemandulan atau kematian.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan
kompres hangat terhadap penurunan dismenore pada anggota keluarga Tn. A dan
keluarga Tn. R dengan masalah kesiapan peningkatan manajemen kesehatan.
Desain penelitian ini menggunakan studi kasus yang dilakukan pada 2
keluarga. Metode pengumpulan data menggunakan lembar pengkajian keperawatan
keluarga, dengan melakukan wawancara, observasi, dan pemeriksaan fisik,
kemudian dilakukan analisa data, menentukan diagnosis keperawatan sesuai
dengan hasil skoring, menentukan intervensi, melaksanakan implementasi, dan
melakukan evaluasi.
Hasil pengkajian pada keluarga Tn. A dan keluarga Tn. R didapatkan hasil
bahwa klien ingin mengetahui cara penanganan masalah dismenore yang dirasakan
secara non-farmakologis sehingga intervensi yang diberikan oleh peneliti yaitu
penerapan kompres hangat yang diberikan dalam 1 kali sehari selama 20 menit
dengan suhu hangat kuku sesuai dengan standart operasional prosedur. Evaluasi
yang didapat dari kedua klien yaitu mengenal masalah dismenore, mengambil
keputusan, merawat anggota keluarga yang sakit dengan jika anggota mengalami
dismenore keluarga akan memberikan kompres hangat, memodifikasi lingkungan
dengan keluarga membantu dalam pengaturan ruangan dan mendukung pemberian
kompres hangat, serta memanfaatkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan
klinik terdekat.
Simpulan hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan kompres hangat
dengan kombinasi relaksasi nafas dalam pada kedua keluarga sebagai penanganan
non farmakologi untuk kesiapan peningkatan manajemen kesehatan.
Actions (login required)
|
View Item |