LITERATURE REVIEW: IDENTIFIKASI PELAKSANAAN DIMENSI KETEPATAN WAKTU, HUBUNGAN ANTAR MANUSIA, DAN KENYAMANAN PADA MUTU PELAYANAN

ILMIYAH, . (2021) LITERATURE REVIEW: IDENTIFIKASI PELAKSANAAN DIMENSI KETEPATAN WAKTU, HUBUNGAN ANTAR MANUSIA, DAN KENYAMANAN PADA MUTU PELAYANAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KM-210044_abstract.pdf

Download (302kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29403.html

Abstract

Ketepatan waktu, hubungan antar manusia, dan kenyamanan mengupayakan terselenggaranya pelayanan untuk mendapatkan kesehatan yang bermutu dan dapat mempertahankan kualitas instansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan dimensi ketepatan waktu, hubungan antar manusia, dan kenyamanan pada mutu pelayanan di balai pengobatan umum. Penelitian literature review ini dengan metode penelitian traditional literature review, sumber artikel berasal dari Google Scholar dan Portal Garuda serta menggunakan tahapan screening dalam memilih jurnal yang terdiri dari 3 tahap yaitu screening 1 memilih jurnal nasional dan tidak berbayar, screening 2 review judul hingga abstrak, screening 3 review latar belakang hingga pembahasan mengenai pekasanaan 3 dimensi. Pengolahan data review artikel terkait kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja (2016-2021). Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi pelaksanaan dimensi ketepatan waktu, hubungan antar manusia, dan kenyamanan pada mutu pelayanan kesehatan berdasarkan artikel yang telah di review. Hasil literature review menunjukkan bahwa ketepatan waktu dalam membuka pelayanan belum tepat waktu dan tidak sesuai dengan yang ditawarkan. hubungan antar manusia merasa tidak dilayani dengan baik sehingga mutu pelayanan kurang baik. Kenyamanan pada fasilitas belum sepenuhnya terpenuhi, sehingga pasien kurang nyaman. Simpulan literature review ini bahwa 10 artikel yang meneliti ketepatan waktu, 13 artikel meneliti hubungan antar manusia, dan 10 artikel meneliti kenyamanan pada mutu pelayanan kesehatan. Saran kepada pihak balai pengobatan umum Melaksanakan pembinaan dimensi ketepatan waktu, hubungan antar manusia, dan kenyamanan agar instansi semakin meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDWijaya, SatriyaNIDN0724028204swijaya7@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Dimensi Mutu Pelayanan, Hubungan Antar Manusia, Kenyamanan, Ketepatan Waktu
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:34
Last Modified: 19 Jan 2022 02:34
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7058

Actions (login required)

View Item View Item