PENERAPAN TERAPI DISTRAKSI: AUDIO VISUAL (VIDEO ANIMASI FAVORIT) PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS DI KLINIK RAWAT INAP AS-SYIFA LAMONGAN

APRILIA, DENIS KRISTINA (2021) PENERAPAN TERAPI DISTRAKSI: AUDIO VISUAL (VIDEO ANIMASI FAVORIT) PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS DI KLINIK RAWAT INAP AS-SYIFA LAMONGAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
KT-NS-210115_abstract.pdf

Download (669kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29826.html

Abstract

Anak usia prasekolah mempersepsikan hospitalisasi sebagai suatu hukuman yang menakutkan. Hal ini dikarenakan anak berada di lingkungan asing, dikelilingi orang asing, peralatan asing, dan juga tindakan yang menyakitkan sehingga meninmbulkan kecemasan. Sedangkan kecemasan yang terjadi dapat menghambat proses penyembuhan penyakit dan waktu perawatan lebih lama, berdasarkan hal tersebut penting dilakukan suatu upaya untuk menghilangkan dan/atau mengurangi kecemasan. Tujuan penelitian adalah untuk menerapkan asuhan keperawatan pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi dengan masalah keperawatan ansietas menggunakan terapi distraksi audiovisual video animasi favorit. Desain penelitian ini menggunakan studi kasus. Subjek penelitian yaitu 2 anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi dengan masalah keperawatan ansietas. Lokasi penelitian di Klinik Rawat Inap As-Syifa Lamongan dilakukan 1x sehari dengan durasi 10 menit selama 3 hari dengan memutar video animasi. Metode pengumpulan data meliputi pengkajian, menentukan diagnosa, membuat intervensi, melakukan implementasi, dan mengevaluasi. Penilaian tingkat ansietas menggunakan kuesioner kecemasan anak Spence Children Anxiety Scale (SCAS) Preschool Parent Report. Hasil studi kasus pada pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi dengan masalah keperawatan ansietas menunjukkan sebelum diberikan terapi, An.F dan AnW dengan tingkat kecemasan berat. Setelah diberikan terapi distraksi audiovisual video animasi favorit dilakukan 1x sehari dengan durasi 10 menit selama 3 hari didapatkan hasil tangkat kecemasa An.F dan An.W menurun menjadi tingkat kecemasan sedang. Hasil penerapan teknik distraksi audiovisual video animasi favorit terbukti dapat menurunkan tingkat kecemasan anak hospitalisasi. Teknik distraksi audiovisual video animasi favorit efektif dapat menurunkan kecemasan pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi. Perawat diharapkan dapat memberikan teknik distraksi audiovisual video animasi favorit sesuai SOP pada klien sehingga dapat melakukan terapi non-farmakologi secara mandiri.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSanty, Wesiana HerisNIDN0723067701wesiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Distraksi Audiovisual, Anak Prasekolah, Ansietas.
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT120.I5 Intensive Care Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Profession
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:48
Last Modified: 19 Jan 2022 02:48
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7069

Actions (login required)

View Item View Item