APRILIA, DENIS KRISTINA
(2021)
PENERAPAN TERAPI DISTRAKSI: AUDIO VISUAL (VIDEO ANIMASI FAVORIT) PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS DI KLINIK RAWAT INAP AS-SYIFA LAMONGAN.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Anak usia prasekolah mempersepsikan hospitalisasi sebagai suatu
hukuman yang menakutkan. Hal ini dikarenakan anak berada di lingkungan asing,
dikelilingi orang asing, peralatan asing, dan juga tindakan yang menyakitkan
sehingga meninmbulkan kecemasan. Sedangkan kecemasan yang terjadi dapat
menghambat proses penyembuhan penyakit dan waktu perawatan lebih lama,
berdasarkan hal tersebut penting dilakukan suatu upaya untuk menghilangkan
dan/atau mengurangi kecemasan. Tujuan penelitian adalah untuk menerapkan
asuhan keperawatan pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi dengan
masalah keperawatan ansietas menggunakan terapi distraksi audiovisual video
animasi favorit.
Desain penelitian ini menggunakan studi kasus. Subjek penelitian yaitu 2
anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi dengan masalah keperawatan
ansietas. Lokasi penelitian di Klinik Rawat Inap As-Syifa Lamongan dilakukan 1x
sehari dengan durasi 10 menit selama 3 hari dengan memutar video animasi.
Metode pengumpulan data meliputi pengkajian, menentukan diagnosa, membuat
intervensi, melakukan implementasi, dan mengevaluasi. Penilaian tingkat ansietas
menggunakan kuesioner kecemasan anak Spence Children Anxiety Scale (SCAS)
Preschool Parent Report.
Hasil studi kasus pada pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi
dengan masalah keperawatan ansietas menunjukkan sebelum diberikan terapi,
An.F dan AnW dengan tingkat kecemasan berat. Setelah diberikan terapi distraksi
audiovisual video animasi favorit dilakukan 1x sehari dengan durasi 10 menit
selama 3 hari didapatkan hasil tangkat kecemasa An.F dan An.W menurun
menjadi tingkat kecemasan sedang. Hasil penerapan teknik distraksi audiovisual
video animasi favorit terbukti dapat menurunkan tingkat kecemasan anak
hospitalisasi.
Teknik distraksi audiovisual video animasi favorit efektif dapat
menurunkan kecemasan pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi.
Perawat diharapkan dapat memberikan teknik distraksi audiovisual video animasi
favorit sesuai SOP pada klien sehingga dapat melakukan terapi non-farmakologi
secara mandiri.
Actions (login required)
|
View Item |