LITERATURE REVIEW: ANALISIS WAKTU TUNGGU DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RAWAT JALAN FASILITAS KESEHATAN

QOMARIAH, NURUL (2021) LITERATURE REVIEW: ANALISIS WAKTU TUNGGU DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RAWAT JALAN FASILITAS KESEHATAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KM-210047_abstract.pdf

Download (494kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29448.html

Abstract

Lama waktu tunggu dan kualitas pelayanan yang belum sesuai harapan kerap terjadi dan selalu menimbulkan keluhan di beberapa rumah sakit. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien pada fasilitas kesehatan. Penelitian literature review ini sampel yang diambil yaitu seluruh pasien rawat jalan dengan metode penelitian traditional literature review, sumber artikel berasal dari Google Scholar dan Portal Garuda Pengolahan data review artikel terkait kualitas pelayanan dan waktu tunggu pasien pada rawat jalan fasilitas kesehatan (2015-2020). Analisa data dilakukan dengan mengidentifikasi kualitas pelayanan dan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien rawat jalan berdasarkan artikel yang telah di review. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa lama waktu tunggu pasien untuk mendapatkan pelayanan yaitu selama 75.03 menit yang termasuk dalam kategori lama (≥ 60 menit). Kualitas pelayanan masih dalam kategori cukup puas, dimensi kualitas pelayanan yang dominan yaitu reliability (kehandalan). Tingkat kepuasan pasien masih dalam kategori cukup puas yaitu sebesar 69,87% (≤ 90%). Adanya hubungan antara waktu tunggu dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien sebesar 70,96%. Diharapkan pada pihak manajemen rumah sakit untuk selalu memantau dan menganalisis setiap keluhan dan harapan pasien yang berkaitan dengan waktu tunggu serta kualitas pelayanan, membudayakan disiplin wakktu dalam melakukan pelayanan sesuai jadwal serta terus mepertahankan kinerja dan terus meningkatkan mutu kualitas pelayanan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDAdriansyah, Agus AanNIDN0727088702aan.naufal87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Waktu Tunggu
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:57
Last Modified: 19 Jan 2022 02:57
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7073

Actions (login required)

View Item View Item