QOMARIAH, NURUL
  
(2021)
LITERATURE REVIEW: ANALISIS WAKTU TUNGGU DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RAWAT JALAN FASILITAS KESEHATAN.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Lama waktu tunggu dan kualitas pelayanan yang belum sesuai harapan kerap terjadi dan selalu menimbulkan keluhan di beberapa rumah sakit. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien pada fasilitas kesehatan. Penelitian literature review ini sampel yang diambil yaitu seluruh pasien rawat jalan dengan metode penelitian traditional literature review, sumber artikel berasal dari  Google  Scholar  dan  Portal  Garuda  Pengolahan  data  review  artikel  terkait kualitas  pelayanan  dan  waktu  tunggu  pasien  pada  rawat  jalan  fasilitas  kesehatan (2015-2020).  Analisa  data  dilakukan  dengan  mengidentifikasi  kualitas  pelayanan dan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien rawat jalan  berdasarkan artikel  yang telah di review. Hasil  dari  penelitian  ini  diketahui  bahwa  lama  waktu  tunggu  pasien  untuk mendapatkan  pelayanan  yaitu  selama  75.03  menit  yang  termasuk  dalam  kategori lama (≥ 60 menit). Kualitas pelayanan masih dalam kategori cukup puas, dimensi kualitas pelayanan yang dominan yaitu reliability (kehandalan). Tingkat kepuasan pasien  masih  dalam  kategori  cukup  puas  yaitu  sebesar  69,87%  (≤  90%).  Adanya hubungan  antara  waktu  tunggu  dan  kualitas  pelayanan  terhadap  kepuasan  pasien sebesar 70,96%. Diharapkan  pada  pihak  manajemen  rumah  sakit  untuk  selalu  memantau  dan menganalisis  setiap  keluhan  dan  harapan  pasien  yang  berkaitan  dengan  waktu tunggu serta kualitas pelayanan, membudayakan disiplin wakktu dalam melakukan pelayanan sesuai jadwal serta terus mepertahankan kinerja dan terus meningkatkan mutu kualitas pelayanan.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |