GAMBARAN EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI ISLAMIC HOMESCHOOLING SANGGAR QORINA KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA

ULUM, ULFI (2021) GAMBARAN EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI ISLAMIC HOMESCHOOLING SANGGAR QORINA KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210040_abstract.pdf

Download (832kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29127.html

Abstract

Ulfi Ulum, 2021. Gambaran Empati Anak Usia 5-6 Tahun di Islamic Homeschooling Sanggar Qorina Kecamatan Rungkut Surabaya. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Dosen pembimbing Fifi Khoirul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. Salah satu faktor yang mendasari suksesnya dalam berinteraksi sosial adalah memiliki empati, karena dalam bersosialisasi dibutuhkan adanya pengertian yang dapat memahami perasaan orang lain, saling tolong menolong dan menghargai. Empati salah satu emosi positif yang harus dimiliki oleh seorang anak. Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti terhadap empati anak usia 5-6 tahun di Islamic Homeschooling Sanggar Qorina Kecamatan Rungkut Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran empati anak usia 5-6 tahun di Islamic Homescooling Sanggar Qorina Kecamatan Rungkut Surabaya. Subjek penelitian adalah anak kelas pra yang berjumlah 10 anak terdiri dari 3 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket atau kuesioner. Sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini, terdapat temuan bahwa rata-rata dari jumlah indikator sebanyak 20 item mendapatkan nilai rata rata 67,5 % dengan pencapaian kriteria tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa empati anak usia 5-6 tahun di Islamic Homeschooling Sanggar Qorina Kecamatan Rungkut Surabaya mencapai rata-rata kriteria tinggi. Saran penelitian ini adalah perlu adanya penelitian lanjutan dengan populasi penelitian lebih besar, dan juga perlu adanya penelitian tentang metode pembelajaran yang dapat meningkatkan empati anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFitriyah, Fifi KhoirulNIDN0728078804fifi@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Gambaran, Empati, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:22
Last Modified: 19 Jan 2022 04:22
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7114

Actions (login required)

View Item View Item