PENGARUH SIKAP EMPATI TERHADAP TOLERANSI ANAK USIA DINI DI PPT TUNAS BANGSA KECAMATAN KARANGPILANG SURABAYA

CHATRINE, EKA SILVIANA (2021) PENGARUH SIKAP EMPATI TERHADAP TOLERANSI ANAK USIA DINI DI PPT TUNAS BANGSA KECAMATAN KARANGPILANG SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210043_abstract.pdf

Download (482kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29142.html

Abstract

Chaterine.Eka silvia.2021. Pengaruh Sikap Empati Terhadap Toleransi Anak Usia Dini di PPT Tunas Bangsa Kecamatan Karangpilang Surabaya.Skripsi.Program studi S1 Pendidikan anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Empati merupakan salah satu emosi positif yang harus dimiliki seorang anak, begitupula sikap toleransi. Sikap toleransi akan membantu anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji sikap empati terhadap toleransi anak usia dini di PPT Tunas Bangsa Kecamatan Karangpilang Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tidak langsung yang diisi oleh orangtua anak. Teknik analisis data menggunakan Spearman Rho. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara sikap empati dan toleransi anak usia dini di PPT Tunas Bangsa Kecamatan Karangpilang Surabaya. Kesimpulannya adalah semakin tinggi sikap empati maka toleransinya juga semakin tinggi. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan wawasan kepada peneliti selanjutnya tentang korelasi kedua variabel. Selanjutnya, penelitian ini menyarankan agar peneliti selanjutnya melakukan penelitian tentang metode pembelajaran anak usia ini yang berguna untuk meningkatkan sikap empatinya dan otomatis toleransinya juga akan meningkat.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFitriyah, Fifi KhoirulNIDN0728078804fifi@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Empati, Toleransi, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:38
Last Modified: 19 Jan 2022 04:38
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7127

Actions (login required)

View Item View Item