SUPROBOWATI, INDAH
(2021)
UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA MAZE ALUR TULIS DI TK SETYA HARAPAN KEC.DUKUH PAKIS SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Suprobowati, Indah 2021, “Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus
Anak Usia (4-5) Tahun Melalui Media Maze Alur Tulis di TK. Setya Harapan
Kec. Dukuh Pakis, Surabaya” Program Studi Jurusan S1 Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Nahdlatul Ulama Surabaya.
Pentingnya penelitian ini dilaksanakan yaitu untuk bahan pertimbangan bagi guru
atau calon guru untuk memilih kegiatan yang tepat dalam mengajarkan dan
memantau perkembangan motorik halus pada anak didiknya dan sebagai bahan
pertimbangan terhadap pelaksanaan proses pembelajaran, khususnya dalam
meningkatkan motorik halus anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motorik halus
anak melalui kegiatan bermain maze alur tulis di TK Setya Harapan Surabaya.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek
dalam penelitian ini adalah kelompok A usia (4-5) tahun di TK. Setya Harapan
Kecamatan Dukuh Pakis Surabaya dengan jumlah 12 siswa. Metode pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa peningkatan motorik halus
pada anak usia 4-5 tahun di TK Setya Harapan Surabaya telah tercapai. Sesuai
dengan tingkat berkembangnya anak usia 4-5 tahun mampu menyelesaikan tugas
menjiplak bentuk dengan baik melalui kegiatan bermain maze alur tulis. .
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain maze dapat
meningkatkan motorik halus anak, pada siklus I anak yang sesuai harapan
memperoleh persentase sebesar 55,20% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,
33% sesuai kriteria keberhasilan. Hal ini dikarenakan dalam peningkatan
pembelajaran anak melalui kegiatan bermain maze dilakukan dengan menarik
sehingga anak menjadi antusias dan perkembangan motorik halus anak menjadi
berkembang sangat baik.
Actions (login required)
|
View Item |