UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA MAZE ALUR TULIS DI TK SETYA HARAPAN KEC.DUKUH PAKIS SURABAYA

SUPROBOWATI, INDAH (2021) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA MAZE ALUR TULIS DI TK SETYA HARAPAN KEC.DUKUH PAKIS SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210044_abstract.pdf

Download (501kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29144.html

Abstract

Suprobowati, Indah 2021, “Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia (4-5) Tahun Melalui Media Maze Alur Tulis di TK. Setya Harapan Kec. Dukuh Pakis, Surabaya” Program Studi Jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pentingnya penelitian ini dilaksanakan yaitu untuk bahan pertimbangan bagi guru atau calon guru untuk memilih kegiatan yang tepat dalam mengajarkan dan memantau perkembangan motorik halus pada anak didiknya dan sebagai bahan pertimbangan terhadap pelaksanaan proses pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan motorik halus anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan bermain maze alur tulis di TK Setya Harapan Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah kelompok A usia (4-5) tahun di TK. Setya Harapan Kecamatan Dukuh Pakis Surabaya dengan jumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa peningkatan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di TK Setya Harapan Surabaya telah tercapai. Sesuai dengan tingkat berkembangnya anak usia 4-5 tahun mampu menyelesaikan tugas menjiplak bentuk dengan baik melalui kegiatan bermain maze alur tulis. . Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain maze dapat meningkatkan motorik halus anak, pada siklus I anak yang sesuai harapan memperoleh persentase sebesar 55,20% dan meningkat pada siklus II menjadi 83, 33% sesuai kriteria keberhasilan. Hal ini dikarenakan dalam peningkatan pembelajaran anak melalui kegiatan bermain maze dilakukan dengan menarik sehingga anak menjadi antusias dan perkembangan motorik halus anak menjadi berkembang sangat baik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMariati, PanceNIDN0726038802pance_mariati@unusa.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:00
Last Modified: 19 Jan 2022 06:00
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7130

Actions (login required)

View Item View Item