IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN MELALUI PENCAMPURAN WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AR RASYID DUKUH KUPANG BARAT SURABAYA

KRISTIANINGSIH, IKA RAMADANI (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN MELALUI PENCAMPURAN WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AR RASYID DUKUH KUPANG BARAT SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210045_abstract.pdf

Download (641kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29153.html

Abstract

Kristianingsih, Ika Ramadani. 2021. Implementasi Pembelajaran Sains Dengan Metode Eksperimen Melalui Pencampuran Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Ar Rasyid Dukuh Kupang Barat Surabaya. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Anak usia dini sangat mengutamakan bermain, bermain adalah salah satu pendekatan dalam melaksanakan kegiatan pendidikan anak usia dini. Dengan menggunakan strategi, metode, materi/bahan, dan media yang menarik, permainan dapat diikuti anak secara menyenangkan. Terlebih dengan pembelajaran daring seperti ini menimbulkan rasa bosan anak bila hanya duduk diam mendengarkan. Melalui bermain,anak diajak untuk berekplorasi, menemukan dan memanfaatkan benda-benda disekitarnya. Konsep bermain inilah yang kemudian disebutnya sebagai belajar sambil bermain. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk implementasi pembelajaran sains dengan metode eksperimen melalui pencampuran warna pada anak usia 4-5 tahun di TK Ar Rasyid Dukuh Kupang Barat Surabaya. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs dan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Jumlah sampel adalah 20 anak pada anak kelompok A usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tedapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest dengan nilai mean pretest lebih kecil dari nilai mean posttest (9,61<16,78). Begitu juga dengan nilai korelasi yang lebih besar dari pada nilai signifikansi (0,662>0,003), yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara pembelajaran sains dengan metode eksperimen melalui pencampuran warna dengan kemampuan mengenal warna anak. Sedangkan dalam uji Paired-Sample Test mengalami perubahan yang signifikan yang terlihat anak lebih mudah mengenal warna dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsmara, BerdaNIDN0709058701asmaraberda@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Kemampuan Mengenal Warna
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:06
Last Modified: 19 Jan 2022 06:06
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7133

Actions (login required)

View Item View Item