SARI, ANGGA DELIMA
(2021)
HUBUNGAN PERSEPSI BRAND IMAGE DENGAN SIKAP KUNJUNGAN ULANG PASIEN PELAYANAN RAWAT JALAN DI POLI SPESIALIS RUMAH SAKIT UMUM MUHAMMADIYAH BABAT.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
HUBUNGAN PERSEPSI BRAND IMAGE DENGAN SIKAP KUNJUNGAN
ULANG PASIEN PELAYANAN RAWAT JALAN DI POLI SPESIALIS
RUMAH SAKIT UMUM MUHAMMADIYAH BABAT
Brand image sebuah sumber keunggulan Rumah Sakit dalam menghadapi
persaingan, RSMUB tergolong Rumah Sakit baru sehingga brand image masih
menjadi ancaman bagi kesuksesan Rumah Sakit. Persepsi brand image dimiliki
RSUMB secara keseluruhan sudah baik, akan tetapi Rumah Sakit tergolong mahal
dalam segi obat dan terdapat masalah dalam komponen brand image. Tujuan
Penelitian untuk menganalisis hubungan persepsi brand image dengan sikap
kunjungan ulang pasien.
Penelitian ini merupakan kuantitatif analitik dengan studi cross sectional.
Populasi terdiri dari seluruh pasien. Sampel yang diambil sebesar 67 responden
dengan teknik Systematic Probability Sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji Rank Spearman.
Hasil uji analisis statistik Rank Spearman’s didapatkan nilai signifikasi atau
Sig.(2-tailed) sebesar (0,005 < 0,05). Berdasarkan hasil uji tersebut Ha yang
dirumuskan diterima sehingga terdapat hubungan yang signifikan
Simpulan yang ditarik yaitu terdapat hubungan antara persepsi brand image
dengan sikap kunjungan ulang pasien pelayanan rawat jalan. Saran yang
direkomendasikan adalah mempertahankan brand image, evaluasi manajemen dan
petugas kesehatan, dan memperbaiki serta menambah fasilitas.
Actions (login required)
|
View Item |