PUTERI, MAHDANIA AZIANA ALIP
(2021)
PENGARUH UNSUR-UNSUR PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENT) TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLI UMUM PUSKESMAS TAMAN SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
PENGARUH UNSUR–UNSUR PELAYANAN PRIMA (SERVICE
EXCELLENT) TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLI
UMUM PUSKESMAS TAMAN SIDOARJO
Melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Puskesmas Taman Sidoarjo
pada tahun 2016-2020. Peningkatan yang signifikan pada tahun 2016-2019 namun
pada tahun 2020 terjadi penurunan IKM dikarenakan peralihan pelayanan saat
terkena masa pandemic Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh unsur-unsur pelayanan prima terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Poli
Umum Puskesmas Taman Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif analitik
observasional dengan pendekatan studi cross sectional. Populasi penelitian ini
adalah 3.784 pasien Poli Umum Puskesmas Taman Sidoarjo. Sampel yang diambil
dalam penelitian ini sebesar 97 responden dengan Teknik Systematic Random
Sampling.
Variabel independen yaitu unsur-unsur pelayanan prima, sedangkan untuk
variabel dependen yaitu kepuasan pasien. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan dengan data primer yang didapatkan dari pembagian kuesioner. Data
analisis menggunakan uji Regresi Logistic Biner. Hasil uji statistic Regresi Logistic
Biner didapatkan signifikansi atau Sig. (2-tailed) semua unsur-unsur pelayanan
prima < 0.05.
Simpulan yang ditarik yaitu terdapat pengaruh unsur-unsur pelayanan prima
terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Poli Umum Puskesmas Taman Sidoarjo.
Saran yang direkomendasikan adalah mengikuti pelatihan agar petugas pelayanan
memiliki pengetahuan dan kesadaran untuk selalu melayani pasien dengan
pelayanan yang prima. Petugas pelayanan di Poli Umum Puskesmas diberikan
sosialisasi dan juga pelatihan tentang pelayanan terhadap pasien.
Actions (login required)
|
View Item |