PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK USIA 3-4 TAHUN DALAM MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN MOZAIK DI PPT KUNCUP HARAPAN 1 GAYUNGAN SURABAYA

ROMLAH, SITI (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK USIA 3-4 TAHUN DALAM MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN MOZAIK DI PPT KUNCUP HARAPAN 1 GAYUNGAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210050_abstract.pdf

Download (466kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29181.html

Abstract

Siti Romlah 2021."Peningkatan kemampuan anak usia 3-4 tahun dalam mengenal warna.melalui kegiatan mozaik di PPT Kuncup Harapan I Gayungan Surabaya ".Program studi jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pengenalan warna bagi anak usia dini sangtlah penting karena dapat membangun daya imajinasi dan kreativitas anak,membangun kecerdasan ana serta pengantar mengenal dunia sekitar.Pengenalan warna merupakan salah satu aspek perkembangan kognitif yang harus dikembangkan.Apabila kemampuan mengenal terganggu maka akan menghambat kemampuan anak dalam hal mengenal warna,hal ini juga terjadi pada PPT Kuncu Harapan 1 Gayungan Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan anak serta kemampuan mengenal warna merah,kuning dan hijau melalui kegiatan mozaik pada anak usia 34 tahun di PPT Kuncup Harapan 1 Gayungan Surabaya dengan metode tanya jawab praktek langsung.Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang terdiri dari siklussiklus.Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data mengunakan Teknik observasi dan dokumentasi.Analisis data dalam penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan perubahan Tindakan melalui kegiatan mozaik.Subjek penelitian Tindakan kelas ini adalah anak usia 3-4 tahun di PPT Kuncup Harapan Gayungan Surabaya yang berjumlah 12 anak,yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dan II masing-masing adalah 65,7% dan 87,5% ; aktivitas anak masing-masing adalah 56,2% dan 84,3% kemampuan menggenal warna anak pada siklus I dan II adalah 58,3% dan 87,5%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan mozaik dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna anak usia 3-4 tahun di PPT Kuncup Harapan I Gayungan Surabaya tahun 2020/2021.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMariati, PanceNIDN0726038802pance_mariati@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Warna,kegiatan mozaik,anak usia dini.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:29
Last Modified: 19 Jan 2022 06:29
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7149

Actions (login required)

View Item View Item