MARIYAM, SITI
(2021)
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA SUNAN KALIJAGA KETIMANG WONOAYU SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Siti Mariyam, 2021. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui
Media Kartu Kata Bergambar pada Anak Usia 4-5 tahun di RA Sunan Kalijaga
Ketimang Wonoayu Sidoarjo.” Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Nahdhlatul Ulama Surabaya. Pembimbing M.Shodiq, S.Pd, M.M.
Perkembangan bahasa anak usia dini merupakan suatu keseluruhan yang
mencakup kemampuan mendengar, berbicara, menulis, dan membaca. Salah
satunya dari perkembangan bahasa ialah membaca. Membaca merupakan proses
yang kompleks. Kemampuan membaca merupakan kemampuan yang sangat
fundamental karena kemampuan membaca menjadi dasar untuk mengembangkan
kemampuan yang lain.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca
permulaan anak usia 4-5 tahun melalui media kartu kata bergambar bertema
binatang di RA Sunan Kalijaga Ketimang Wonoayu Sidoarjo.
Hasil penelitian ini didapatkan adanya peningkatan perkembangan bahasa anak
melalui kegiatan membaca permulaan menggunakan media kartu kata bergambar.
Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai keberhasilan yang dicapai pada siklus I
yaitu 53,3% meningkat pada siklus II yaitu 80% . Maka dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran membaca permulaan menggunakan media kartu kata bergambar
dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak.
Actions (login required)
|
View Item |