PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA SUNAN KALIJAGA KETIMANG WONOAYU SIDOARJO

MARIYAM, SITI (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA SUNAN KALIJAGA KETIMANG WONOAYU SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210052_abstract.pdf

Download (665kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29200.html

Abstract

Siti Mariyam, 2021. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Anak Usia 4-5 tahun di RA Sunan Kalijaga Ketimang Wonoayu Sidoarjo.” Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdhlatul Ulama Surabaya. Pembimbing M.Shodiq, S.Pd, M.M. Perkembangan bahasa anak usia dini merupakan suatu keseluruhan yang mencakup kemampuan mendengar, berbicara, menulis, dan membaca. Salah satunya dari perkembangan bahasa ialah membaca. Membaca merupakan proses yang kompleks. Kemampuan membaca merupakan kemampuan yang sangat fundamental karena kemampuan membaca menjadi dasar untuk mengembangkan kemampuan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun melalui media kartu kata bergambar bertema binatang di RA Sunan Kalijaga Ketimang Wonoayu Sidoarjo. Hasil penelitian ini didapatkan adanya peningkatan perkembangan bahasa anak melalui kegiatan membaca permulaan menggunakan media kartu kata bergambar. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai keberhasilan yang dicapai pada siklus I yaitu 53,3% meningkat pada siklus II yaitu 80% . Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca permulaan menggunakan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShodiq, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Media Kartu Kata Bergambar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:44
Last Modified: 19 Jan 2022 06:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/7161

Actions (login required)

View Item View Item